Chiang Mai Hujan Pertama di 2021

Menjelang akhir bulan Januari 2021, hari ini hujan berkunjung ke Chiang Mai setelah sejak November tidak ada hujan. Untung saja tadi saya tidak jadi mencuci mobil (alesan banget deh). Tapi memang tadi sempat terpikir untuk membawa membersihkan dan mencuci mobil, tentu saja menyerahkan urusan cuci mobil ke ahlinya ya bukan cuci sendiri. Tapi tadi belum jadi, dan sore tadi, tiba-tiba hujan badai mengguyur Chiang Mai. Bukan cuma hujan deras, listrik padam juga menyertai si hujan badai seperti biasa. Untung gak pakai lama.

Bulan Januari itu biasanya masih musim dingin di Chiang Mai. Berbeda dengan di Indonesia, musim dingin di sini ya dingin kering tanpa hujan. Anginnya dingin karena udara dingin dari dataran Cina. Biasanya, udara masih akan dingin sampai dengan bulan Februari, tapi 2 minggu ini rasanya sudah tidak dingin sama sekali.

Musin dingin di Chiang Mai itu juga identik dengan musim polusi. Tentunya karena tidak ada hujan semua kering dan banyaklah orang mulai membakar-bakar sisa panen atau membakar hutan untuk kemudian ditanami jamur. Walaupun setiap tahun ada larangan bakar hasil panen ataupun bakar hasil hutan, setiap tahun selalu terjadi polusi udara di musim dingin.

Hujan badai tiba-tiba, lumayan mengusir polusi

Hujan hari ini diluar dugaan sih, karena sudah beberapa hari udara mulai panas, saya tidak memeriksa prakiraan cuaca .Biasanya, di musim dingin itu sampai dengan bulan Maret tidak akan ada hujan. Udara kering, banyak debu, polusi asap dan harus ekstra jaga kesehatan supaya tetap fit. Jadi tadi sore itu hujan deras benar-benar tiba-tiba dan dilengkapi dengan putusnya aliran listrik. Untungnya listriknya padam setelah saya beres menyiapkan semua makanan di meja. Tak lama setelah kami mulai makan, listriknya kembali menyala, yay.

Walaupun hujannya tiba-tiba, hujan di musim polusi itu sesuatu yang membahagiakan, karena artinya udara akan bersih sejenak, sebelum polusinya kembali lagi. Kalau melihat prakiraan cuaca untuk seminggu ke depan, sepertinya hujan hari ini itu benar-benar istimewa, karena entah kapan hujan berikutnya datang lagi. Mudah-mudahan sih besok hujan sekali lagi, tapi setelah itu minggu depan saya bisa cuci mobil (kalau rajin, hehehe).

Harapannya sih, walaupun tanpa hujan, udara bisa tetap bersih dari polusi. Namanya berharap ya, semua juga berharap yang bagus-bagus tentunya. Mungkinkah tahun ini Chiang Mai bisa bebas polusi?

Kali ini update Chiang Mai nya cukup tentang cuaca saja ya, update untuk Covid-19 gelombang ke-2 di Thailand sedikit saja. Sejauh ini sudah lebih 14 hari tidak ada kasus baru di Chiang Mai, tapi di bagian Thailand Central, kasusnya masih ratusan per hari. Tunggu saja update berikutnya tentang Covid-19 ini di posting berikutnya.

Kalau di kota kalian bagaimana cuaca hari ini? Tetap jaga kesehatan ya teman-teman apapun cuacanya, kalau lagi musim hujan, jangan lupa sedia payung di dalam tas. Eh tapi seharusnya kan masih di rumah saja ya, jadi aman dari hujan dan jangan lupa tetap jaga kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.