Jangan Ragu Latihan Konsisten Menulis Tiap Hari bersama KLIP

Hari ini hari terakhir pendaftaran menjadi anggota KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional) tahun 2021. Untuk kamu yang masih ragu-ragu untuk daftar (ulang) KLIP padahal suka menulis dan ingin konsisten menulis setiap hari, saya sarankan segeralah mendaftar sekarang, sebelum jam 7 malam hari ini.

ditunggu sampai jam 7 sore ya teman-teman…

Karena pendaftaran berikutnya akan dibuka awal tahun 2022 (dan mungkin pada saat itu keinginan menulis konsisten sudah tidak ada lagi).

Kenapa perlu menulis setiap hari? Karena menulis berarti merekam perjalanan waktu untuk menjadi catatan sejarah (pribadi). Hari ini berlalu begitu saja, ada banyak hal yang kita amati dan mungkin kita abadikan dalam bentuk video dan foto, tapi walaupun katanya sebuah gambar bisa berarti jutaan kata, tapi menuliskan jutaan kata itu bisa melengkapi emosi dari melihat gambar yang ada.

Tulisan saya ini saya tujukan terutama untuk teman-teman yang sudah pernah ikutan di KLIP tahun sebelumnya dan mungkin rasanya ingin menyerah saja.Ada yang berpikir dengan segala aturan yang ada untuk menulis minimal 300 kata dan minimal 10 tulisan per bulan, kalau hari ini mendaftar artinya bulan Februari harus menulis setiap hari minimal 300 kata.

Mungkin dalam hati kamu akan bilang, tanpa ikutan KLIP akan tetap menulis kok. Ya itu tetap mungkin, tapi yang lebih mungkin terjadi adalah: kamu merasa tidak ada kewajiban, lalu dari tidak menulis 1 hari dalam seminggu, tiba-tiba 1 bulan berlalu tanpa ada 1 tulisan sekalipun.

Saya termasuk yang selalu berpikir saya akan menulis walaupun tidak ikutan komunitas. Tapi, kenyataanya, sebelum ikut komunitas KLIP selama bertahun-tahun saya tidak menulis. Komunitas KLIP ini, karena dibawah pengawasan Ibu Profesional tidak hanya membuat saya kembali menulis tapi juga kembali belajar hal-hal lainnya.

Memang, belajar untuk konsisten menulis bisa didapatkan bukan hanya dari komunitas KLIP saja. Tapi sejauh ini, baru komunitas KLIP yang menurut saya bisa membuat saya konsisten menulis tanpa merasa banyak tuntutan.

KLIP memberi kebebasan dalam menuliskan apa saja, dan parameter keberhasilan juga kembali pada diri sendiri. Teman-teman di KLIP juga membantu menyemangati dan mengukur konsistensi per bulannya.

Sejauh mengikuti KLIP, saya masih gagal melatih kebiasaan membaca setiap hari, tapi saya sudah mulai membaca dan masih tetap berusaha karena ada banyak teman yang mengingatkan dan berlatih konsisten di KLIP.

Setidaknya, perasaan kalau saya tidak sedang berlatih sendirian (dan walau banyak yang sudah berhasil dibanding saya), bisa membuat saya tetap bersemangat untuk kembali lagi dari kemalasan saja.

Yuk, buat teman-teman yang ingin konsisten menulis, jangan ragu-ragu untuk daftar KLIP. Daftar sekarang, atau kamu harus menunggu sampai tahun 2022. Menulis 300 kata itu mudah kok, tuliskan saja isi hatimu atau hal yang ingin kamu ingat di masa depan.

Tulisannya juga tidak harus dipublikasikan ke blog, kalau kamu merasa tulisannya terlalu pribadi. Karena menulis itu untuk diri sendiri, latihan menulis setiap hari juga latihan mengungkapkan isi pikiran dengan lebih terstruktur. Kalau kita berlatih setiap hari, kita akan rindu ketika kita tidak bisa menulis.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.