Cara Membuat Podcast dan Mengisinya

Saya belajar podcast baru sejak November 2020 lalu. Awalnya sih untuk mengisi podcast channel Drakorclass saja. Punya channel pribadi tidak diisi, tidak tahu mau diisi apa, hehehe.

Sejak Bulan lalu, saya sudah berencana membuat podcast KLIP sebagai bagian dari kegiatan Klub Buku KLIP 2021. Ini juga dalam rangka memfasilitasi beberapa teman di KLIP yang lebih suka reviu buku pakai suara daripada menulis. Tapi akhirnya baru kemarin dilaksanakan.

Kalau podcast drakorclass isinya tentang seputar drama Korea, podcast KLIP ini isinya seputar literasi terutama reviu buku. Karena masih baru, tentu saja podcast KLIP ini isinya masih sedikit.

Berhubung ada banyak yang bertanya tentang cara membuat podcast, walaupun sangat mudah tapi ada baiknya saya tuliskan juga di sini.

Cara termudah tentunya masih menggunakan anchor.fm bisa dengan cara menginstal aplikasinya di ponsel, atau menggunakan browser di laptop.

Membuat Akun dan Login ke Anchor FM

Hari ini saya akan memberi petunjuknya untuk di browser, terutama buat yang tidak ingin menambah aplikasi lagi di ponsel.

Membuat akun

Pertama sekali tentu saja kita harus mendaftar alias sign up.

Isi nama, alamat e-mail dan password. Centang bagian bukan robot dan daftar. Satu alamat e-mail hanya bisa untuk 1 akun podcast.

daftar

Login Ke Anchor

Kalau sudah pernah daftar berikutnya yang perlu diingat itu ya login.

pilihan login bisa pakai facebook, twitter, google atau apple login

Ada beberapa pilihan untuk login selain menggunakan e-mail, yaitu menggunakan Facebook, Google login, Twitter dan apple. Tentunya ini setelah sebelumnya di set up terlebih dahulu.

Untuk mengurangi mengingat kata sandi, biasanya saya memilih login menggunakan google (karena e-mail saya toh google mail).

Pengaturan Awal Channel Podcast

Setelah mendaftar, kita akan diminta untuk membuat episode pertama. Tapi karena membuat episode pertama dan episode berikutnya sama saja, saya akan langsung jelaskan bagian untuk set up podcast terlebih dahulu.

Tentukan Identitas Podcast

setting podcast channel
Pilih podcast setup dulu

Ketika baru mendaftar, kita perlu untuk mengisi beberapa bagian supaya channel kita punya nama dan jelas deskripsinya.

Ini contohnya

isi bagian ini

Karena ini hanya tangkapan layar contoh, silahkan diisi sendiri apa nama dari podcast kita dan deskripsinya. Lalu pilih kategori dan bahasanya. 

Pemilihan bahasa ini tentunya supaya yang mencari menemukan sesuai dengan bahasa dari podcast kita. Orang yang tidak mengerti bahasa Indonesia, tentu tidak akan mencari podcast berbahasa Indonesia.

Memilih Cover Art

Untuk cover art kita bisa menyiapkan sendiri ataupun memilih gambar dari library anchor.fm. Contoh di bawah ini gambar yang saya pilih secara acak dari pustaka yang tersedia. 

Untuk KLIP dan Drakorclass, tentu saja saya ganti dengan image yang dibikin di Canva. Oh ya, di canva sudah tersedia pilihan cover podcast dengan ukuran 3000 x 3000 piksel. Tapi sebenarnya bisa juga lebih kecil asal ukurannya kotak.

Pilih gambar dari pustaka yang ada

Setelah memilih “choose one for me” saya mendapat gambar berikut dan bisa saya tambahkan tulisan atau tidak.

pilih gambar cover art
Update cover art

Setelah selesai menentukan seperti apa cover art kita terlihat, tentu saja update cover art.

Jika kita ingin mengganti dengan image yang sudah kita persiapkan, tentu saja kita bisa menonaktifkan tulisan supaya tidak tampil lagi di cover art kita.

Distribusi Podcast

Setelah kita setup nama, deskripsi dan cover art, tentu saja akan ada pertanyaan untuk mendistribusikan podcast kita. Anchor.fm secara otomatis akan langsung mendistribusikan podcast kita melalui anchor dan juga spotify.

Selain itu dalam waktu beberapa hari, podcast kita juga akan tersedia di berbagai platform podcast lain, termasuk google podcast dan apple podcast.

konfirmasi distribusi
Pilih Yes, jika bersedia podcastnya didistribusikan otomatis oleh anchor

Setelah ini kita tinggal menunggu e-mail pemberitahuan kalau podcast kita tersedia di platform lain selain spotify dan anchor.

tinggal menunggu saja
tinggal menunggu pemberitahuan

Mudah banget kan, mengisi di anchor.fm bisa didengar dari platform podcast lainnya.

Oh ya, sebenarnya anchor.fm ini bisa menghasilkan uang juga alias dimonetized, tapi untuk saat ini saya belum mempelajarinya dan memilih untuk menggunakan podcast tanpa memonetisasi.

Mengisi Podcast

Bagian sebelumnya kita cukup lakukan 1 kali, untuk berikutnya mengisi podcast adalah hal yang akan kita lakukan berkali-kali.

Pilih New Episode atau Episode Baru, dan kita akan masuk ke halaman berikut ini.

Merekam dengan aplikasi lain

Untuk membuat episode podcast, kita bisa merekam langsung, mengambil dari pustaka yang sudah kita kumpulkan sebelumnya atau mengunggah file audio.

Jika pilihannya adalah mengunggah file, kita bisa langsung dari bagian kanan menambahkan file langsung di situ dari komputer kita.

File yang diunggah ini bisa direkam dengan aplikasi recorder apapun. Format yang diterima sejauh ini bisa m4a ataupun mp3.

Di drakorclass, untuk bisa ngobrol bareng, kami menggunakan zoom dan mengambil file audionya saja.

Untuk podcast KLIP, saya meminta teman-teman mengirimkan file audionya ke saya, dan tentunya meminta informasi mengenai buku yang direviu untuk dituliskan di bagian deskripsi podcast.

Merekam langsung di anchor

Untuk episode pertama saya memilih record alias merekam langsung di browser.

Piilhan untuk membuat episode, merekam atau unggah file audio

Untuk merekam, tentu saja kita harus memberi ijin rekam dari browser dan input menggunakan microphone dari komputer kita. Tekan start recording now dan langsung deh ngobrol di situ.

merekam langsung

Setelah selesai akan terlihat seperti ini. Nama filenya mengikuti tanggal hari rekam. Kita bisa mengubah nama filenya dengan menekan tanda pensil.

hasil rekaman dengan format tanggal

Di bawah ini contoh setelah saya ganti nama filenya.

ganti nama file

Berikutnya saya bisa menambahkan background musik supaya podcast saya tidak terlalu terdengar membosankan.

menambahkan musik

Musik latar ini ada banyak pilihan dari anchor, kita bisa memilih musik yang sesuai dengan ‘mood’ dari tema podcast kita.

Musik dari anchor ini juga sifatnya cukup pintar, dia akan menyesuaikan dengan obrolan. Volume suaranya juga bisa diatur supaya tidak membuat suara pembicaraan tenggelam oleh musik.

pilihan musik

Setelah kita tambahkan musik latar, kita bisa seret file podcast kita dari sisi kiri ke sisi kanan.

File yang sudah ditambahkan musik ada tanda musik di sudut kiri atasnya.

file rekaman yang sudah ditambahkan musik

Setelah file audio dengan musik dipilih, kita simpan episodenya. Dan berikutnya adlaah menambahkan informasi tentang episode tersebut.

Menambahkan informasi Episode

Bagian ini tentunya bagian yang tak kalah penting. Memberi judul dari episode podcast ita dan deksripsinya.

Setelah mengisi informasi nomor episode dan cover art kita bisa publish now untuk mempublikasikan atau bisa juga memilih jadwal untuk mempublikasikan podcastnya.

deksripsi episode podast

Tentunya setiap episode bisa memiliki cover art yang berbeda-beda juga. Kalau kita tidak memilih yang baru, biasanya akan diisi dengan cover art dari channel podcast kita.

Kita bisa mengisi nomor season dan episode, selain memiilh jenis episodenya.

Podcast kita bisa disimpan sebagai draft dulu atau dijadwalkan publikasinya. Jadi tidak selalu harus langsung dipublikasikan saat itu juga.

setiap podcast bisa diganti cover art nya

Podcast KLIP dan Drakorclass

Saat ini podcast KLIP masih tersedia di 2 platform saja dan isinya memang masih sedikit. Tapi dengan jumlah anggota yang banyak, saya yakin dalam waktu singkat jumlah episodenya akan bertambah terus.

Risna – Selendang Merah Klub Buku KLIP

Siapa yang tidak kenal Maria A. Sardjono, penulis yang dikenal piawai mengaduk-aduk emosi pembacanya. Dan kak Risna mengulas novel Selendang Merah ini dengan sangat memikat. Silakan dengarkan langsung ya… (Penyunting Isti)
  1. Risna – Selendang Merah
  2. Alfi – Orang Asing
  3. Teruslah Bodoh Jangan Pintar
  4. Lelaki Sunni di Kota Syiah
  5. A Reason I Stay

Kalau kalian suka mendengarkan reviu buku, silakan ya dengarkan podcast KLIP. Atau kalau ada permintaan reviu buku tertentu juga boleh saja, mudah-mudahan ada yang sudah membacanya dan bisa mereviunya.

Untuk podcast Drakorclass, sudah bisa didengarkan di 6 platform distribusi. Tapi sejak tahun 2021 belum bertambah banyak episodenya.

Mudah-mudahan bulan April 2021 nanti akan ada penambahan episode secara lebih teratur.

Buat yang hobi dengerin obrolan seputar drakor, jangan sampai melewatkan oborlan podcast Drakorclass ini.

Dr. Slump : Support System Saat Keadaan Terpuruk Drakor Class

Bongkar cerita di dalam drama korea Dr. Slump yang banyak memberi pesan soal support system untuk seseorang, terutama dalam keadaan terpuruk yuk!Classmate Talitha dan Rhin, mengulik drakor yang ternyata lebih enak untuk di-binge watching-in nih. Kenapa ya Classmate Drakor class bilang begitu? Lalu, drakor ini kan rating-nya rada slump, apakah Dr. Slump recommended untuk ditonton?
  1. Dr. Slump : Support System Saat Keadaan Terpuruk
  2. Pyramid Game : Permainan yang Halalkan Perundungan Di Sekolah
  3. Dosa-Dosa Penonton Drakor : Sebuah Renungan dari Classmate di Bulan Ramadhan
  4. A Killer Paradox : Kisah Seorang Pahlawan atau Penjahat Keji?
  5. My Happy Ending: Kesehatan Mental dan Pola Asuh Anak dalam Keluarga

Penutup

Kamu anggota KLIP dan ingin ikut serta mengisi podcast KLIP? Yuk kirimin saja rekaman suara kamu mereviu buku (minimum 15 menit,maksimum 40 menit) ke saya (hubungi dari FB Grup ya).

Harapannya buat pecinta buku bisa mendapatkan referensi buku-buku bagus ya dari podcast KLIP ini.

Penulis: Risna

https://googleaja.com

2 thoughts on “Cara Membuat Podcast dan Mengisinya”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.