Jonathan, Clicker Game dan Auto Clicker

Ada jenis video game yang namanya clicker game, atau disebut juga incremental game. Di game ini, pemain sekedar menekan tombol (atau mengklik mouse, atau mentap layar) untuk mendapatkan poin atau koin (atau in-game currency apapun). Ini merupakan penyederhanaan dari banyak game, yang sebenarnya ya hanya klik-klik saja. Kenapa nggak disederhanakan, tap atau klik apapun dapat koin?

Game sejenis ini bisa dimainkan dengan mudah dengan “auto clicker”, yang akan mengotomasi proses mengklik tombolnya. Auto clicker ini bisa berupa hardware atau software yang mensimulasikan keyboard/mouse. Bagi sebagian orang, ini tidak menyenangkan, dan bagi sebagian orang ini sangat menyenangkan.

Cell To Singularity

Jonathan menemukan game gratis di Steam namanya Cell To Singularity. Ketika memainkan game ini, dia jadi sering asal-asalan menekan tombol keyboard. Saya bilang: kalau kamu melakukan itu terus, keyboardnya akan cepat rusak. Akhirnya saya bilang: kalau kamu nggak bisa setup auto clicker, kamu nggak boleh main game ini.

Dengan auto clicker otomatis mendapatkan in-game currency

Dia bertanya contoh software apa yang bisa dipakai untuk auto clicker? saya bilang: AutoHotkey. Akhirnya Jonathan menginstall software itu, dan mengikuti petunjuknya, dan membuat skip AHK sendiri mensimulasikan keyboard. Tapi percobaan ini gagal karena gamenya tidak membaca event keyboard dari AutoHotkey. Akhirnya dia mencari lagi di Youtube dan mendapatkan skrip yang mengemulasikan mouse, dan akhirnya berhasil.

Dia bangga sekali bisa mensetup auto clicker, dan sekarang sambil main game di laptop, dia sambil lihat video di tablet, dan sesekali melihat gamenya. Saya senang karena ini contoh coding (walau sangat sedikit) di dunia nyata, dan terpakai olehnya untuk tujuan yang dia inginkan.

Ini sekedar catatan kecil, dan siapa tau bisa jadi inspirasi: jika anak terlalu sering main game, bisa “dipaksa” untuk memprogram, mengotomasi gamenya. Jika semua dilakukan sendiri (seperti pada contoh Jonathan), maka dia sudah mempelajari:

  • mencari software dan menginstall software AutoHotkey
  • membaca dan mempelajari cara menjalankan software
  • mencari informasi tambahan dari Youtube ketika mentok

Mungkin ini terdengar sederhana, tapi sudah saya dapati banyak sekali orang tua maupun muda yang tidak tahu cara memakai berbagai software sehari-hari dengan optimal. Beberapa yang saya temui: tidak tahu bagaimana menginstall software, tidak bisa memakai Word dengan optimal (misalnya membuat daftar isi dan foot note secara manual), tidak bisa memakai Excel dengan optimal (tidak tahu memakai HLOOKUP/VLOOKUP, tidak tahu bisa merefer ke sheet lain). Padahal semua skill ini bisa dibaca dan dicari.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.