50 Things Every Young Gentleman Should Know

Buku ini dibeli sudah cukup lama dari salah satu Big Bad Wolf yang kami kunjungi di Chiang Mai, mungkin juga dari Big Bad Wolf tahun 2018, yang pertama di adakan di Chiang Mai.

Tujuan awalnya membelikan buku ini untuk dibaca Jonathan. Sebenarnya dia sudah selesai membacanya sejak buku itu dibeli. Lalu, sekitar 2 bulan yang lalu, kami memulai kebiasaan baru membacakan 1 bab sehari untuk anak-anak sebelum tidur. Anggap saja sebagai bagian rutin cooling down sebelum tidur.

Sesuai judul bukunya, setiap hal dibahas dalam 1 bab. Jadi ada 50 bab dalam buku ini. Isi babnya tidak terlalu panjang, cuma beberapa halaman dan tidak lebih dari 5 menit membacakannya.

Di mulai dengan saying Please, Thank You, Excuse Me dan Apology
Ada bahas Komputer, dan sampai dengan personal hygiene

Beberapa hal sebenarnya belum terlalu relevan atau mungkin tidak akan pernah kami lakukan. Misalnya saja tentang menyemir sepatu. Saat ini bisa dibilang kami tidak pernah menyemir sepatu. Tetapi secara umum, hal-hal yang disebutkan dalam buku ini bukan hal baru dan sudah sering kami ingatkan ke anak-anak.

Walaupun demikian, rasanya tetap saja kami perlu membaca setiap bab dan mengingatkan kembali kalau hal-hal tersebut bukan tanpa alasan. Mereka terkadang hanya tertawa ketika menyadari ada hal yang mereka masih lakukan, tetapi ya semoga saja mereka akan ingat ketika mereka sudah lebih dewasa.

Kalau menurut deskripsi di Amazon, buku ini memang lebih cocok untuk usia 10 tahun ke atas. Jadi memang, Joshua belum terlalu mengerti. Buku ini bukan seperti buku yang sekali baca lalu lupakan. Nantinya buku ini bisa dibaca lagi di tahun baru, sekedar untuk mengingatkan kalau anak-anak lupa.

Setiap bab ada bagian apa yang harus dilakukan dan jangan dilakukan

Sebenarnya sih secara umum walaupun judulnya untuk young gentleman, tetapi menurut saya, banyak hal itu berlaku untuk siapa saja termasuk wanita dan orang dewasa. Ada sih hal yang berbeda, misalnya tentang jangan lupa menurunkan tempat duduk di toilet. Eh tetapi, kalau misalnya toiletnya itu model toilet jongkok seperti di Indonesia, mungkin akan jadi tidak relevan sama sekali.

Beberapa hal lain sangat mendasar, mulai dari mengucapkan tolong, terima kasih, berjabat tangan, memberi hadiah dan menerima hadiah yang mungkin tidak sesuai harapan, bagaimana bersikap ketika bosan, sampai dengan membantu membukakan pintu jika ada yang di belakang kita ingin masuk dan kita sudah akan masuk duluan.

Buku keluaran tahun 2012 ini tebalnya hanya 200-an halaman, tetapi bentuknya berupa buku saku, jadi sebenarnya memang tidak terlalu tebal. Kami sengaja membeli buku fisiknya, walaupun sebenarnya buku ini ada versi kindlenya di Amazon.

Penulis: Risna

https://googleaja.com

Satu tanggapan pada “50 Things Every Young Gentleman Should Know”

  1. Wah menarik bukunya.bukan cuma buat anak sih, tapi rasanya untuk pengingat diri sendiriku juga, refleksi selama ini udah punta attitude yang baik atau belum.hehehe

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.