Joshua Belajar Main Catur

Beberapa bulan terakhir ini, Joshua belajar main catur. Awalnya dia hanya bertanya nama-nama dari setiap buah catur yang ada. Lalu dia mulai mempertanyakan gerakan masing-masing. Lalu, seperti saat dia tertarik dengan sesuatu, dia akan mempelajari dan menonton berbagai video tentang hal tersebut. Sekarang ini, saya merasa sudah perlu lebih sering latihan juga biar tidak terlalu sering kalah dengan Joshua.

Papan catur kecil pertama yang kami belikan buat Joshua (2 Desember 2023)

Karena melihat semangatnya untuk bermain catur, awalnya kami membelikan mainan catur yang bijinya kecil supaya mudah dibawa-bawa, akan tetapi sepertinya terlalu kecil juga risiko kehilangan biji caturnya lebih tinggi. Berikutnya kami membelikan permainan catur yang agak besar dan magnetik. Tidak tanggung-tanggung, kami belikan 2 set, biar kalau ada biji yang hilang bisa ada gantinya. Harga permainan caturnya juga tidak mahal, dan kami juga tahu kalau mainan ini sangat bagus kalau memang dia ingin pelajari lebih serius. Kami juga berlangganan Chess Kid (setahun 49 USD) dan hasilnya sudah mulai terlihat.

Belajar dari Chess Kid dan Youtube

Awalnya dia juga selalu mengajak kami bermain dan selalu kalah. Akan tetapi, karena dia tidak menerima kekalahan, sering juga jadinya dia bermain agak curang dan melarang kami untuk menang. Makanya kami akhirnya menyuruhnya bermain di aplikasi Chess Kid atau main lawan Chat GPT.

Dia sudah tahu kalau ChatGPT terkadang ngawur, tapi itu malah sangat menghibur dia kalau ChatGPT membuat kesalahan dan dia akan memberi balasan ke ChatGPT kalau itu ilegal move.

Sesekali kami tetap bermain bergantian antara saya, papanya dan kakaknya. Kami juga selalu memberikannya peringatan kalau dia ingin bermain, harus menerima kalau kalah.

Belakangan dia malah sering menyuruh kami yang main lawan Chat GPT (dia yang mengoperasikan Chat GPT dan menggerakkan biji catur untuk Chat GPT). Lalu dia juga menyuruh kami bermain dan dia menonton/mengomentari dan mencatat nilainya.

Mengenal Banyak Istilah dan Strategi Catur

Kalau dulu ketika saya belajar bermain catur, saya hanya tau gerakannya, dan tidak terlalu berpikir banyak. Intinya menjaga supaya raja tidak ditangkap dan bagaimana menangkap raja lawan.

Karena belajar dengan aplikasi dan menonton berbagai video strategi catur, Joshua dengan cepat memakai istilah yang digunakan dalam permainan catur. Mulai dari gerakan dari huruf dan angka apa ke mana ketika memindahkan, dan juga berbagai strategi untuk membuat lawan kalah.

Belajar Catur dari Joshua

Beberapa hari terakhir ini, saya semakin sering kalah lawan Joshua. Dia benar-benar menerapkan berbagai strategi yang dipelajarinya. Selain itu, semakin butuh waktu agak lama untuk berpikir buat saya supaya tidak cepat kalah. Malahan beberapa kali saya tetap terjebak hanya dalam 4 langkah langsung kalah. Saya jadi belajar juga dari kekalahan saya dalam 2 hari ini.

Scholar’s Mate

Scholar’s Mate ini adalah kekalahan hanya dalam 4 langkah. Walau sudah beberapa kali kena strategi ini, entah kenapa saya masih saja terkecoh dan kena lagi dan lagi. Ada beberapa variasi untuk mencapai scholar’s mate ini, tetapi intinya selalu tidak lebih dari 4 langkah mulai dari gerakan pertama.

Scholar’s mate dibuat dengan table top simulator oleh Joshua

Queen and Helper Mate

Queen and helper mate

Nah kalau yang ini raja yang putih diancam tangkap oleh ratu hitam dan dengan bantuan pion hitam. Raja putih terperangkap nggak bisa kemana-mana dan nggak ada bantuan yang bisa menangkap si ratu hitam. Ini tuh jadi maju kena mundur kena deh pokoknya.

Back-rank checkmate

Kali ketiga saya kalah dengan posisi begini. Raja putih terperangkap di belakang 3 pion putih dan tiba-tiba bentang hitam menyerang (bisa juga oleh ratu) dan mati gaya lah si raja putih. Katanya ini namanya back-rank checkmate.

Masih ada banyak jenis-jenis strategi untuk checkmate yang juga Joshua sudah tahu dan dia akan dengan senang hati menjelaskan ke kami. Hari ini setelah kalah 3 kali, saya berhasil menang (tapi nggak dikasih dia foto). Setelah itu dia menang lagi dengan scholar’s mate (tuh kan saya terjebak mulu).

Berbagai variasi catur

Kalau lagi senang dengan sesuatu, Joshua suka mencoba berbagai variasinya, termasuk juga variasi permainan catur. Ada yang catur dengan 3 pemain, ada juga nih permainan catur yang saya juga nggak tau cara mainnya, tetapi Joshua dan Jonathan senang memainkannya. Namanya 5D Chess with Multiverse Time Travel. Sesuai namanya, permainan catur ini bisa pindah timeline pindah dunia, sesuatu yang biasanya ada dalam film fantasi, hehehe.

Petunjuk bermain 5D Chess with Multiverse Time Travel

Kami senang melihat perkembangan hobi main catur Joshua. Dia juga senang sekali kalau kami kalah walaupun masih tetap sulit menerima kalau dia yang kalah. Mudah-mudahan saja dia tetap rajin berlatih main catur dan mengembangkan kemampuan berstrategi dan “merencanakan langkah” ke depan.

Penulis: Risna

https://googleaja.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.