Wisata di Chiang Mai berdasarkan Usia Anak

Bulan Desember 2023 yang lalu, kami kedatangan keluarga adik yang mempunyai 3 anak dengan rentang usia antara balita sampai di bawah 10 tahun. Lalu bulan Maret 2024 kami menerima keluarga adik yang memiliki anak dengan rentang usia pra remaja. Mereka datang sekitar 6 hari. Jadi kepikiran untuk menuliskan kegiatan yang bisa dilakukan di Chiang Mai bersama anak-anak dengan rentang usia yang berbeda.

Wisata untuk Anak Usia Dibawah 10 Tahun

Tempat-tempat yang dikunjungi oleh adik dengan anak yang lebih kecil antara lain: Taman Kota, Hidden Village Chiang Mai, Central Airport Plaza, Chiang Mai Zoo, Royal Flora Rajapreuk, Night Safari, Charming Chiang Mai dan AstroPark. Mereka memilih tempat di dalam kota saja, karena tahu kalau anak-anaknya tidak akan tahu bedanya pergi ke luar kota lagi atau hanya di Chiang mai saja.

Karena Chiang Mai kota kecil dan kemana-mana dekat, dalam sehari kami bisa mengunjungi beberapa tempat, asal tenaganya kuat, hehehe. Akan tetapi, karena anak-anak juga masih kecil, semua harus disiapkan oleh orangtua. Jadi tidak bisa terlalu banyak juga membuat rencana perjalanan.

Biasanya anak-anak akan dibiarkan bangun agak siang, dan sarapan agak siang. Lalu menjelang jam 11, baru deh bisa kalau mau pergi ke mana-mana. Tetapi, hebatnya anak-anak kecil ini tenaganya oke sampai jelang malam.

Membuat anak di bawah usia 10 tahun ini senang masih cukup mudah, asal ada taman bermain, pasir, atau sekedar memberi makan burung, bisa bikin mereka betah berlama-lama.

Chiang Mai Zoo, Desember 2023

Chiang Mai Zoo tram

Kami ke Chiang Mai Zoo dengan tujuan ke Chiang Mai Aquariumnya. Ternyata karena kami sudah cukup lama tidak ke sana, kami tidak tahu kalau aquariumnya sedang dalam masa perbaikan. Jadilah anak yang dijanjikan ke aquarium agak sedikit kecewa.

Untungnya, mereka cukup senang melihat-lihat zoo di sini dengan naik tram. Tidak semua tempat kami kunjungi, seperti biasa kami hanya berhenti di tempat yang kami tahu akan menarik untuk anak-anak dan tidak ada di Jakarta. Misalnya saja Penguin dan Koala. Lalu mampir ke kids Zoo yang ada perpustakaan kecil yang ada tempat bermain dengan AC.

Kondisi Chiang Mai Zoo sekarang ini agak sepi, padahal itu di bulan Desember yang biasanya merupakan bulan di saat orang ramai berjalan-jalan. Food Court yang dulu ada beberapa pilihan juga semakin sedikit. Untungnya anak-anak baru dikasih makan sebelum berangkat, dan kami juga menyiapkan sedikit bekal untuk makan.

Tips praktis bawa anak kecil jalan-jalan adalah makan dari rumah sebelum pergi, atau siapkan bekal seperti susu atau sekedar nasi telur. Siapa tahu tidak ada menu makanan yang cocok, jadi anak-anak tetap tidak sampai kosong perutnya.

AstroPark Chiang Mai, Desember 2023

Karena hari masih siang, kami memutuskan untuk melanjutkan ke AstroPark. Di sana anak-anak senang sekali melihat berbagai alat peraga tentang benda langit dan ilmu pengetahuan. Mungkin mereka belum sepenuhnya mengerti, tetapi mereka terlihat begitu penasaran dengan setiap hal yang ditampilkan.

Tujuan utama ke AstroPark ini selain melihat berbagai penjelasan tentang benda langit, tentunya untuk mencari makan siang yang lebih proper. Soalnya waktu di Chiang Mai Zoo makannya seperti agak kurang, terutama untuk kami yang dewasa.

Kebetulan di AstroPark ada restorannya yang menunya cukup bervariasi. Tempatnya juga luas, waktu tunggu makanan tidak terlalu lama karena biasanya tempatnya tidak terlalu ramai. Yang tak kalah penting, di tempat itu ada kopi dan es krim. Kopi untuk orang dewasa, es krim untuk anak-anak.

Anak-anak terlihat senang di AstroPark. Selain melihat berbagai hal yang menjelaskan tentang pengetahuan terutama tentang benda langin, di restoran bisa makan enak dan melihat ada robot pengantar makanan yang otomatis.

Charming Flower Festival, Desember 2023

Setiap musim dingin di Chiang Mai, ada banyak festival. Salah satu festival yang rutin diadakan setiap tahun adalah Charming Flower Festival. Lokasinya luas, selain banyak bunga yang indah, saat sore hari juga banyak hiasan lampu malam.

Lokasi pameran bunga ini tidak jauh dari AstroPark. Setelah selesai makan, kami memutuskan melanjutkan melihat pameran bunga ini. Anak-anak yang tadi sudah beristirahat makan, energinya penuh lagi untuk eksplorasi festival bunga. Melihat bunga-bunga yang indah, sambil melihat hiasan lampu. Pastinya ada banyak tempat untuk making memory dengan berfoto sebanyak-banyaknya.

Rajapreuk Chiang Mai, Desember 2023

Hari berikutnya kami ajakin jalan ke Rajapreuk. Nah di rajapreuk ini anak-anak senang karena bisa naik tram keliling selain berjalan di antara bunga-bunga dan bentuk mini dari berbagai negara. Kebetulan juga, di bulan Desember kemarin, ada kegiatan di Rajapreuk yang mana ada banyak warung makanan dadakan. Jadilah anak-anak bisa sekalian menikmati es krim, air kelapa, mangga ketan, dan berbagai jajanan khas Thailand.

Night Safari Chiang Mai, Desember 2023

Ngasih makan Jerapah di Night Safari

Lokasi Night Safari ini sebelahan dengan Rajapreuk. Jadi setelah siang hari ke Rajapreuk, kami lanjutkan ke Night safari.

Di night safari, tentunya melihat hewan dari tram. Kebetulan setelah lama tidak ada kegiatan memberi makan jerapah, di bulan Desember kemarin disediakan daun yang bisa diberikan ke jerapah. Anak-anak tentu saja senang bisa melihat jerapah dari dekat dan memberi makan langsung.

Dekorasi Natal di Night Safari

Saat Natal, ada banyak yang menjual makanan selain makanan yang biasa ada, selain itu ada dekorasi salju-saljuan yang bisa dimainkan anak-anak. Jadi setelah makan malam dan melihat pertunjukan air mancur dan lampu-lampu, anak-anak melanjutkan bermain dengan salju yang seperti pasir.

Hidden Village Chiang Mai, Desember 2023

Petting Zoo di Hidden Village

Salah satu tempat yang juga menarik untuk dikunjungi di Chiang Mai itu adalah Hidden Village yang ada patung Dinosaurus yang bisa bergerak dan keluar suaranya (animatronik). Anak laki-laki biasanya suka dengan dinosaurus.

Melihat animatronics dinosaurus di Hidden Village

Selain melihat patung dinosaurus, Hidden Village ini juga menyediakan tempat bermain dan juga memberi makan beberapa binatang seperti babi, kelinci, kambing, dan juga ada memberi makanan ikan di kolam yang seperti parit. Selain itu juga ada playground gratis maupun berbayar yang cocok untuk anak-anak sampai dengan usia 10 tahun.

Ada pilihan main pasir juga. Pokoknya anak kecil pasti betah berlama-lama di tempat ini. Kalau untuk orang dewasa, paling betah karena bisa bikin foto-foto yang menarik untuk diunggah ke media sosialnya.

Oh ya, bagian yang membuat tempat ini cocok untuk segala usia adalah, tersedia makanan steak all you can eat. Jadi memang kami ke sana agak pagi, supaya selesai bermain bisa langsung makan siang. Akan tetapi kalau memang anak-anak baru makan sebelum pergi, mereka bisa makan jelang sore, lalu main lagi kalau masih ada tenaganya.

Taman Kota dan Central Airport Plaza

Menyenangkan hati anak kecil itu cukup mudah. Tidak harus ke taman bermain yang mahal tiket masuknya, sesederhana pergi ke taman kota yang ada playground, pasir, perosotan, dan memberi makan burung aja bisa betah berlama-lama.

Ke Central Aiport Plaza juga menyenangkan buat anak-anak kecil, karena di mall sudah pasti ada banyak hal yang bisa diminta ortu beliin, hehee. Selain itu tentu maksudnya ada lebih banyak lagi tempat bermain di mall yang bisa dikunjungi.

Wisata untuk Anak Usia Pra Remaja

Sedangkan adik dengan anak pra remaja mengunjungi Hidden Village Chiang Mai, Central Festival, Night Safari, Astro Park dan juga perjalanan 2 hari 1 malam ke Golden Triangle dan Chiang Rai.

Astropark Chiang mai

Dari tempat yang bisa dikunjungi saat kedatangan mereka, kami mengambil kesimpulan memang lebih mudah membuat anak-anak bergembira ketika usianya masih kecil, dibandingkan beranjak remaja. Tetapi ketika anak-anak sudah lebih besar, tentunya lebih berani bawa mereka agak jauh dan naik boat yang berisik dengan rasa lebih tenang ga takut mereka jatuh nyemplung kalau ga mau diam di kapal, hehehe.

Naik boat menyebrang ke Laos dari Chiang Rai

Ketika usia anak di bawah 10 tahun, mereka masih lebih gampang dibuat excited, dengan biaya minimum hehehe. Di rumah aja bisa betah asal banyak mainan.

Main bareng di rumah

Beberapa tempat yang kami kunjungi itu tempat yang sama, tetapi jelas, anak-anak yang masih lebih kecil, lebih betah berlama-lama di tempat tersebut karena merasa belum puas bermain.

Sedangkan untuk anak usia pra remaja, mereka lebih ingin cepat-cepat kembali ke rumah, karena di rumah mereka bisa melanjutkan main game yang harus ditinggalkan ketika pergi.

Kalau waktunya cukup sih, mungkin anak yang usia muda juga akan senang saja mengunjungi tempat-tempat keluar kota sekalipun, kembali ke pertimbangan berapa hari mengunjungi Chiang Mai dan apakah tipe yang harus melihat nature semua atau malah jauh-jauh ke Chiang mai pengen liat mall nya doang, hehehe.

Sebenarnya masih ada beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi anak-anak di Chiang Mai, tetapi karena khawatir anak-anak kecapekan dan malah jadi sakit, jadi kami hanya memilih mengunjungi beberapa tempat saja.

Penulis: Risna

https://googleaja.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.