Cara Mudah Setting GPRS, WAP, dan MMS untuk semua ponsel

Berhubung banyak yang request gw posting aja deh, sebenernya ini tulisan Joe, kemaren dia buat untuk menjawab pertanyaan setting gprs, wap dan mms, disini yang dikasih tau parameternya aja, jadi ga tergantung tipe hp nya, btw kalo ada yang nemu kesalahan setting kasih tau gw yah , semoga posting ini berguna :). Bagi siapa saja yang menyalin posting ini, tolong beri link ke tulisan asli

Untuk perbandingan Telkomsel Flash Unlimited vs Indosat M2 Broom vs XL Megadata vs Axis, silakan lihat posting Adik Joe

Setting GPRS Otomatis

Cara tercepat adalah mengirim SMS ke provider yang Anda miliki, tarifnya bervariasi antar provider, dan pesan yan harus dikirim juga berbeda-beda, dan tidak semua HP didukung. Jangan lupa sebelum mensetting, beberapa operator meminta aktivasi gprs secara terpisah seperti halnya telkomsel, yakinkan bahwa layanan grps sudah aktif untuk kartu gsm Anda.

  Nomor Pesan Tarif (pra/pasca)
ProXL 9667 GPRS[spasi]<merkponsel>[spasi]<tipe/seri ponsel> 350/350 + PPN 10%
Telkomsel 5432 S[spasi]<Merk>[spasi]<Tipe> 350/250
Matrix 3000 GPRS[spasi]<Merek Ponsel>[spasi]
<Tipe Ponsel>
2000/2000
Im3 3939 GPRS[spasi]<Merek Ponsel>[spasi]
<Tipe Ponsel>
2000/2000

 

Setting MMS Otomatis

Cara tercepat adalah mengirim SMS ke provider yang Anda miliki,tarifnya bervariasi antar provider, dan pesan yang harus dikirim juga berbeda-beda, dan tidak semua HP didukung.

  Nomor Pesan Tarif (pra/pasca)
ProXL 9667 MMS[spasi]<merkponsel>[spasi]<tipe/seri ponsel> 350/350 + PPN 10%
Telkomsel 5432 S[spasi]<Merk>[spasi]<Tipe> 350/250
Matrix 3000 GPRS[spasi]<Merek Ponsel>[spasi]
<Tipe Ponsel>
2000/2000
Im3 3939 <Merek Ponsel>[spasi]GPRS 2000/2000

 

Setting Manual

Sebenarnya mengatur GPRS sangat mudah, namun bagi sebagian orang terkesan sangat sulit, bahkan di hampir semua majalah dan tabloid yang berhubungan dengan ponsel selalu mencantumkan cara spesifik setting GPRS untuk setiap HP, padahal untuk bisa mensetting GPRS HP apapun, Anda cukup mengetahui 3 hal, untuk mengeset WAP hanya perlu tahu 1 hal, dan untuk mengeset MMS kita perlu tahu 5 hal.

Selain setting-setting yang ada di sini, Anda tidak perlu mengubah-ubah setting default yang sudah diberikan di setiap HP, biasanya setting-setting tersebut sudah baik untuk dipakai, dan sudah optimal.

Setting GPRS

Jika Anda hanya ingin memakai HP untuk koneksi Internet dari PC, Anda hanya perlu mengeset GPRS saja, tidak perlu set WAP ataupun MMS. Anda hanya perlu tahu 3 hal yaitu: Access point name, username, dan password, bahkan jika Anda memakai kartu pasca bayar Matrix, Anda cukup tahu nama Access Pointnya karena username dan passwordnya adalah kosong.

Provider APN Username Pasword
XL www.xlgprs.net xlgprs proxl
Telkomsel telkomsel wap wap123
Matrix satelindogprs.com - -
IM3 www.indosat-m3.net gprs im3

 

WAP

Jika Anda perlu browsing dari HP dengan WAP, selain mengeset GPRS, Anda perlu juga mengeset yang namanya wap gateway. WAP gateway adalah sebuah server yang akan menerjemahkan halaman wml ke format biner yang dikenali HP. Sebenarnya hanya ini saja yang Anda perlukan untuk WAP, tapi jika Anda ingin mengunjungi halaman default masing-masing provider, Anda juga perlu tahu alamatnya untuk menjadi homepage WAP. Tapi jika Anda tidak hafal alamat situs WAP masing-masing provider, isikan saja: www.google.com/wml atau wap.yahoo.com

Provider Alamat Gateway Homepage
ProXL 202.152.240.050 http://www.lifeinhand.com
Telkomsel 10.1.89.130 http//wap.telkomsel.com
Matrix 202.152.162.250 http://satwap
IM3 010.019.019.019 http://wap.indosatm3.net

 

MMS

Pertama Anda perlu tahu bahwa MMS bisa memakai CSD, tidak harus GPRS tapi umumnya kita memakai GPRS. Setting MMS sebenarnya terdiri atas dua hal, pertama adalah setting koneksi (bisa GPRS, bisa CSD, tapi settingnya berbeda dengan setting GPRS normal, agar provider bisa memberikan charge yang berbeda untuk MMS dan GPRS), lalu kedua kita perlu setting server MMS yang mirip dengan setting WAP.

Untuk setting koneksi MMS, kita perlu tahu tiga hal (sama seperti ketika menset GPRS kita juga perlu tahu 3 hal)

Provider APN Username Password
ProXL www.xlmms.net xlgprs proxl
Telkomsel mms wap wap123
Matrix mms.satelindogprs.com satmms satmms
IM3 mms.indosat-m3.net mms im3

Dan kemudian kita perlu setting server MMS, ini terdiri dari dua hal, yaitu gateway WAP, dan alamat MMS center

Provider Gateway MMSC/Homepage
ProXL 202.152.240.50 http://mmc.xl.net.id/servlets/mms
Telkomsel 10.1.89.150 http://mms.telkomsel.com
Matrix 202.152.162.88 http://mmsc.satelindogprs.com
IM3 010.019.019.019 http://mmsc.m3-access.com

Tambahan 26 July 2007:
Saat ini ada provider GSM baru di Indonesia yaitu 3 dari Hutchison, saya tidak dapat menemukan bagaimana parameter setting manual, karena menurut situsnya semua setting diberikan saat pertama kali mengaktifkan kartu dalam bentuk SMS.

Saat ini, kami sedang berada di Chiang Mai, Thailand, dan tidak bisa mengetahui lagi apakah ada perubahan mengenai setting tersebut. Jika ada keluhan dan pertanyaan silahkan hubungi customer service provider GSM Anda. – Risna dan Joe

This entry was posted in mobile, Technology. Bookmark the permalink.


386 Responses to Cara Mudah Setting GPRS, WAP, dan MMS untuk semua ponsel

  1. Laila says:

    gprs q gag bisa aktif”
    gimana caranya untuk mengaktifkannya…

  2. mkasih infonya gan. sangat membantu…

  3. deny martin says:

    how to setting Facebook via Handphone CE1

  4. rizal says:

    saya punya hp dari luar negri samsung gt-m5650u tapi tidak bisa pake internetan di indonesia tolong solusi nya kabari ke no 081320224079

  5. GPRS q gag bisa aktif….
    Gmni cara GPRS

  6. herman says:

    TOLONG AKTIFIN GPRS & MMS

  7. herman says:

    saya pnya hp luar negri tapi ngga bisa buat internetan & MMS an,,,tolong ksih tauh caranya biar bisa internetan & MMS an…..

  8. Wahyudin says:

    GPRS n MMS q ga aktif
    gmn cr mengaktifkan’y……

  9. darto says:

    cara ngaktifin gprs pa n7610 bagaimana ,,, saya uda berkali kali mencoba dengan cara cara yang tertera ,tetapi selalu muncul periksa pengaturan koniksi teruss…. solusinya bagaimana,,,,,

  10. zukni says:

    gmna cara activin gprs pada hp LG optimus SU660 2X???
    plis jwban na ya

  11. indah says:

    Thanks infonya

  12. REGI says:

    gimana nie seting internet hp Galaxy 1888 kox ga bisa internet nya?

  13. rohana says:

    q punya samsung bt 5310 tp ga bisa internetan ,,,katanya point akses tidak tersedia,,,trus homepage url kosong,,,gmana caranya sih,,,help….

  14. lola says:

    utk oprator axis nya donk kok ga ada…?

  15. laelah says:

    q punya hp samsung galaxy note 2 v internya ko ga bisa di gunakan sie … gmn y caranya…

  16. Pretty part of content. I simply stumbled upon your web site and in accession capital to assert that I acquire in fact loved account your weblog posts. Anyway I will be subscribing to your augment or even I fulfillment you get right of entry to constantly fast.

  17. kaslina says:

    aq gk bs mngirim fhoto,merk hp qu E63,gprs aq pun gk atif,gmn d’g caranya??

  18. devi says:

    z pux hp samsung GT-I8150,, klu terima pesan MMS kok tdk mau dibuka yha , knp yha?

  19. Aries says:

    habis instal ulang hp nokia 200 (yg double sim), gak bisa dipakai internet.
    mau setting WAP dll yg brhbungan dg koneksi intrnet, tapi ditampilannya gk bisa dibuka, hanya tulisan putih aja.
    mohon solusinya ya bos..
    trmksh.

  20. Robet says:

    Fllow back

  21. jamal says:

    saya punya hp imo b720 baru beli,,tapi koq klw menjelajahnya di wap selalu gg bisa sich?…skalinya bisa langsung ada tlisan”tak bisa menyimpan sertifikat” trus ”tak bisa hapus”…

    saya ,w nanya,itu cara nyetingnya gmna

  22. herry says:

    dimana harus kita edit wap pada hp nokia x2 01 mohon penjelasannya mas karna gw sangat”awam masalah ini terimakasih bantuannya

  23. Nuri says:

    Gmn caranya aktifin gprs hp dri lyar negeri. Saya pynya samsung galaxy s2, g bs buat intetntn. APN kosong. Gmn nyettingny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>