Review TV Series Numberjacks

Hari ini mau mereview salah satu tontonan yang sering ditonton sama anak-anak. Awalnya nemu ga sengaja dari youtube, waktu itu mencari cara supaya Jonathan merasa lebih fun untuk belajar math facts, eh ternyata malah dapat serial yang sifatnya bukan cuma mengajarkan mathfacts saja.

Serial numberjacks merupakan animasi komputer yang disisipkan ke dunia nyata. Tokoh utama yang akan menyelesaikan permasalahan   adalah karakter animasi nomor mulai 0 sampai 9 dengan cara matematis. Seri ini asalnya dari UK, tapi bahasa Inggrisnya ga british-british amat. Kami biasanya memberikannya random kadang-kadang berdasarkan nomor yang akan jadi pahlawan. Satu episodenya sekitar 15 menitan, tapi ya di YouTube kadang sudah digabung misalnya semua episode untuk numberjacks nomor 4 dan 5.

Dalam setiap episodenya, numberjacks ini punya misi untuk membereskan persoalan yang ditimbulkan oleh tokoh  jahatnya. Biasanya seorang anak yang disebut agen akan menghubungi numberjacks untuk melaporkan apa yang terjadi. Lalu, berdasarkan persoalan yang timbul, salah satu nomor  dari numberjacks akan dikirim ke dunia nyata. Markas numberjacks berada di sofa sebuah rumah yang kadang-kadang ada kucingnya, ketika mengirimkan agen ke dunia nyata, biasanya harus dipastikan tidak ada orang yang melihat. Penyelesaian masalah bisa berupa menghilangkan duplikasi, mengurangi atau menambahkan sejumlah bilangan tertentu, atau mengubah bentuk.

Tokoh yang bikin masalah ada 5 jenis. Dalam 1 episode, biasanya hanya 1 tokoh jahat penyebab masalahnya, tapi agen numberjacks yang dikirim bisa lebih dari 1 dan agen yang di markas utama membantu menyelesaikan masalahnya juga dengan mengajak penonton untuk memikirkan terlebih dahulu bagaimana solusinya.

Deskripsi tokoh jahatnya sebagai berikut:

  • Problem Blob: berupa blob hijau yang mencipratkan slime hijau. Object yang terkena slime hijau ini bisa mengalami masalah tertentu. misalnya sebuah objek hanya bisa berjalan maju dan gak bisa mundur.
  • Shape Japer : tokoh ini berupa bola ungu dengan wajah marah dan gigi yang tajam dengan senyum menyeramkan. Persoalan yang ditimbulkan biasanya dengan mengubah bentuk atau ukuran dari sebuah objek. Misalnya saja dia mengubah semua bentuk lingkaran menjadi kotak dan akibatnya di dunia nyata misalnya roda menjadi tidak bisa berjalan dengan baik.
  • The Puzzler: berupa sebuah bubble yang berbentuk seperti kepala tanpa rambut yang melayang di udara dan menyebabkan puzzle matematika untuk diselesaikan oleh numberjacks. Kegagalan dalam menyelesaikan puzzle matematika bisa membuat numberjack terperangkap dalam bubble selamanya
  • Spooky Spoon: berbentuk sendok berwarna fuchsia yang bisa menyamar sebagai sendok di dunia nyata. Persoalan yang ditimbulkan biasanya mengubah-ubah lokasi objek, misalnya bola bowling diubah jadi apple, atau ember pel menjadi kaleng minuman kecil. Istilahnya dia suka stirring the problem.
  • Number Taker: Sesuai dengan namanya, tokoh berupa pria dewasa berbaju putih dan bertopi tinggi ini suka mengambil objek sejumlah nomor tertentu, misalnya roda mobil dari 4 menjadi cuma 3, atau kadang-kadang malah memberikan objek lebih banyak dari seharusnya, intinya mengubah jumlah dari yang seharusnya.

Kadang-kadang persoalaan yang muncul terasa agak mengada-ada, tapi buat anak-anak, seru aja gitu ngelihatnya. Tapi karena ceritanya berupa petualangan dan problem solving, anak-anak diajak mikir dan kadang merasa takut juga dikit melihat tokoh jahatnya. Setiap kemunculan tokoh jahatnya disertai dengan lagu yang menjelaskan tentang tokoh itu sendiri. 

Seri ini mengembangkan imajinasi anak untuk memecahkan masalah dengan bantuan matematika. Mengenalkan juga konsep bentuk dan ukuran, puzzle, perhitungan sederhana, sorting benda-benda dan mengamati kalau ada perilaku objek yang tidak seharusnya. Saya sendiri senang karena anak-anak bisa merasa fun dengan persoalan matematika dan semoga nantinya tetap melihat matematika sebagai sesuatu yang fun dan bukan menakutkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.