Belajar Yang Menyenangkan

Beberapa hari ini, sejak berkolaborasi mengerjakan DrakorClass.Com, saya banyak belajar tentang dunia blogging dan sosial media. Selama ini, saya belum tertarik belajar seputar WordPress, Facebook, Instagram, Twitter dan seputar SEO (Search Engine Optimization). Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar, yang penting belajarnya menyenangkan.

seo DrakorClass
Mumpung isinya masih dikit, berusaha supaya nilainya tetap bagus

Saya senang ketika menemukan tips-tips yang berguna untuk membuat DrakorClass jadi terlihat lebih baik, dan terhubung dengan sosial medianya. Saya juga senang ketika melihat hasil pelajarannya langsung terlihat hasilnya.

Saya belajar berbagai hal, mulai dari belajar menjadi admin dari sekelompok kontributor di platform WordPress, bagaimana menghubungkan akun WordPress yang sudah dimiliki ke WordPress.com, sampai belajar menampilkan setiap tulisan baru di halaman media sosial Facebook dan Twitter. Tak ketinggalan sambil juga belajar apa yang namanya SEO (Search Engine Optimization).

Hasil tidak langsung dari pelajaran mengurus DrakorClass adalah: setiap hari saya punya banyak hal yang ingin ditulis. Akan tetapi, seringnya, saya jadi lebih ingin ‘ngoprek’ blog dan sosial media, daripada menuliskan catatan yang dipelajari. Tapi mudah-mudahan, saya tetap akan menuliskannya sedikit demi sedikit sebelum terlupakan.

Tips Belajar yang Menyenangkan

Hari ini saya jadi ingin menuliskan tips bagaimana belajar yang menyenangkan. Kalau buat saya konteksnya belajar platform WordPress dan seputar Media Sosial, tapi sebenarnya tips ini bisa dilakukan untuk belajar apa saja, termasuk belajar konsisten menulis.

Berawal dari Keingintahuan

Belajar itu jadi menyenangkan kalau kita memang kita ada rasa penasaran/ ingin tahu tentang topik tersebut. Dari dulu saya tidak tertarik belajar tentang WordPress. Saya hanya tertarik untuk menuliskan keseharian, atau topik-topik lainnya di blog. Jadi awalnya, fokus pelajaran saya lebih pada bagaimana supaya bisa konsisten dalam menulis.

Dari keinginan belajar konsisten menulis, saya menemukan komunitas menulis. Dari komunitas menulis, saya menemukan beberapa penulis yang sudah wira-wiri memperhatikan banyak hal dalam dunia blog. Setelah cukup lama hanya mendengar saja, saya mulai penasaran apa sih SEO itu.

Tidak terpikir sebelumnya kalau saya dan teman-teman di komunitas menulis akan membuat blog bersama. Tidak disangka, saya bertemu dengan teman-teman yang suka drakor selain literasi. Iseng-iseng untuk melatih diri saya menulis berdasarkan topik, kami membuat kegiatan tantangan menulis dengan 30 topik yang kami pilih bersama.

Sebelum ikut tantangan, saya selalu merasa sulit menuliskan sesuatu yang sudah ditentukan topiknya. Jadi keingintahuan saya adalah apakah saya memang tidak bisa menulis dengan topik yang ditentukan, atau tidak berusaha saja?

Setelah berhasil membuktikan diri bisa memaksakan diri menulis dengan topik yang ditentukan, kami memulai keisengan berikutnya dengan membuat blog bersama.

Sepanjang beberapa bulan ini, semua pelajaran yang saya dapatkan berasal dari rasa ingin tahu dari diri sendiri. Bukan karena keterpaksaan, dan bukan karena ada yang menyuruh.

Makanya saya menyimpulkan, belajar apapun akan terasa menyenangkan kalau ada rasa ingin tahu dari diri kita sendiri.

Punya Teman Diskusi

Tipe belajar setiap orang itu tidak sama. Belajar jaman sekarang ini tidak lagi harus menunggu ada guru yang mengarahkan apa yang harus kita pelajari. Ada begitu banyak hal yang bisa kita cari tahu dan informasinya tersedia di Internet. Akan tetapi, informasi yang terlalu banyak juga tidak baik. Alih-alih mendapatkan ilmu baru, kita malah nyasar ke mana-mana dan lupa dengan tujuan semula.

Memiliki komunitas secara tidak langsung ada teman untuk berdiskusi. Beberapa kali, saya dan teman-teman kontributor DrakorClass mempunyai pertanyaan yang sama-sama belum tahu jawabnya. Lalu, kami sama-sama mencari dan siapa yang duluan menemukan jawaban akan membagikannya dengan yang lain.

Kadang-kadang, salah satu dari sekian banyak teman sudah duluan tahu dengan topik tertentu, jadi bisa saling belajar dari yang lain. Belajar bersama dengan adanya teman diskusi ini juga mengurangi kemungkinan tersesat di belantara informasi yang terlalu banyak.

Hasilnya Bisa Dilihat Langsung

Belajar dengan hasil yang bisa dilihat langsung itu terasa jauh lebih menyenangkan. Misalnya saja, ketika baru ada obrolan tentang satu topik, lalu tak berapa lama sudah ada teman yang berhasil melakukan hasil pembicaraan.

Atau, ketika saya ingin tahu bagaimana mengatur menu di blog, dan ada halaman live preview, rasanya menyenangkan melihat efek langsung dari pengaturan yang dilakukan.

Tidak semua pelajaran hasilnya bisa dilihat dengan cepat. Tapi, belajar hal-hal yang visual dan bisa dilihat hasil perubahan yang dilakukan, terasa jauh lebih menyenangkan.

Mengubah layout blog, menambahkan plugin ini dan itu, sampai ketika bisa membuat tulisan otomatis dari WordPress tampil di Facebook dan Twitter, membuat saya keasikan sendiri dan hampir bolos menulis hari ini. Tulisan hari ini buat jadi pengingat apa saja yang ingin saya tuliskan selanjutnya.

Penutup

Situs DrakorClass.Com baru berumur 12 hari, mungkin masa ini masih masa euforia. Semoga saja situs ini bisa bermanfaat untuk kami belajar menulis berbagai hal dengan mengambil drakor sebagai inspirasinya. Tentunya, bukan hanya belajar menulisnya, tapi juga ilmu blogging maupun pelajaran lain yang mungkin kami temukan seiring waktu.

Ada yang mau menambahkan tips belajar yang menyenangkan?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.