Belajar SEO dari Plugin AIOSEO WordPress

Disclaimer:

Tulisan ini bukan iklan plugin All In One SEO (AIOSEO) untuk WordPress. Sampai saat ini saya pun masih memakai plugin yang gratisan. Saya juga bukan ahli SEO. Tulisan ini hanya catatan pelajaran mengikuti petunjuk dari plugin AIOSEO untuk memperbaiki SEO tulisan di DrakorClass.com. Blog saya ini belum diinstal plugin AIOSEO.

Perbandingan 3 Blog

Umur blog drakorclass.com baru 3 bulan, selama 3 bulan saya banyak belajar seluk beluk SEO untuk menulis di blog. Walau sudah belajar, kadang-kadang saya tidak selalu menerapkannya, apalagi tulisan di blog ini. Kenapa? Ya nggak kenapa-napa juga, hehehe. Saya belum merasa perlu juga mengoptimasi blog ini (ataupun blog saya yang mati suri lainnya), kata Joe biarkan saja, hehehe.

Nilai DA PA 3 blog saya

Sekilas info, walau saya belum mengerti nilai Domain Authority dan Page Authority dan seterusnya, bisa dilihat di atas bagaimana bedanya blog yang diurus dan yang dibiarkan saja.

Blog DrakorClass baru berumur 3 bulan, yang dilakukan sejauh ini mengupdate tulisan setiap hari (dengan memperhatikan teori menulis dan mengikuti catatan belajar SEO di wordpress ini).

Dari hasil pengecekan di seoptimer untuk drakorclass.com, setelah kami juga bergiat di platform sosial media twitter dan youtube (selain facebook dan instagram), hasilnya bisa dibilang semua yang perlu diperbaiki itu low priority. Terkadang bertanya-tanya, apa rasanya kalau semua nilainya A+ ya. Tapi untuk meningkatkan ke A+ melibatkan memperbanyak follower youtube, sedangkan fokus kami ke tulisan daripada multimedia, jadi ya sudahlah begitu saja dulu. Untuk bagian usability harusnya bisa kalau mau ngulik kode css, tapi itupun masih nanti dulu deh hehehe.

Blog ini (blog.compactbyte.com), umurnya sudah 16 tahun, tidak pernah memperhatikan teori SEO dan baru 2 tahun belakangan aktif diisi hampir setiap hari. Tulisan yang banyak mendatangkan pengunjung sudah pasti tulisan teknis Joe selain tulisan seputar drakor dari saya, hehehe.

Blog risna.info merupakan blog yang sudah tidak pernah saya update 10 tahun terakhir dan tentu saja tidak pernah diurus SEO nya. Mudah-mudahan, kalau masih tetap rajin belajar SEO, nanti blog itu akan saya rapihkan dan hidupkan lagi (gak janji hehehe).

Untuk 2 blog yang tidak diurus, sebaiknya tidak usah saya tampilkan nilai SEO nya, kebakaran merah semua hahaha… Jadi yang jelas ada beda ya blog yang diurus dan ga diurus.

Plugin AIOSEO di Drakor Class

Plugin AIOSEO ini ada untuk blog yang menggunakan wordpress yang dihosting sendiri, jadi untuk yang menggunakan blogspot, mungkin bisa dipelajari saran-sarannya, walau tanpa plugin. Beberapa waktu lalu, plugin AIOSEO ini diupdate beberapa kali dalam waktu seminggu. Di setiap tulisan sekarang ada nilai SEO nya, dan selalu ada saran yang bisa diikuti.

Mungkin buat sebagian orang, menulis ya menulis saja, malas pusing-pusing SEO. Buat saya juga begitu, menulis ya menulis saja, tapi khusus untuk drakorclas, sebelum publish, cuma butuh waktu sebentar kok untuk mengubah supaya nilai SEO nya jadi lebih baik. Lagipula saran dari SEO ini cukup masuk akal dan membuat tulisan kita lebih enak dibaca.

Tujuan akhir, bisa mencapai nilai 100/100

Kalau semua sudah 100/100 pastilah hati gembira. Tapi kalaupun tidak sampai, saya akan usahakan mengikuti saran sebanyak-banyaknya yang nilainya masih kurang bagus. Perlu diingat, hal ini berlaku untuk tulisan berbentuk artikel blog yang sifatnya non fiksi. Untuk tulisan fiksi atau gaya penulisan bercerita, penilaiannya tentu saja tidak sama.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum publish tulisan

Langkah pertama tentu saja menulis tanpa memikirkan SEO. Tapi tentunya tulisan kita sudah ada kerangka nya seperti teori menulis yang kita pelajari sejak Sekolah Dasar. Setelah kita selesai menulis, barulah kita cek nilai SEO nya dan berusaha untuk memperbaiki sesuai saran.

Contoh saran AIOSEO bisa dilihat di bawah ini.

Ada 3 aspek yang dinilai oleh plugin SEO gratis ini.

  1. SEO Dasar
  2. Judul Tulisan
  3. Keterbacaan

SEO Dasar

Dalam SEO Dasar ada 3 hal yang dinilai panjang konten, link internal dan link eksternal. Untuk panjang konten, maksudnya supaya tulisannya jangan terlalu pendek, kalau terlalu pendek cukup bikin status FB saja kali ya, bukan artikel namanya. Saya belum tahu panjang konten minimalnya, karena sejauh ini semua tulisan yang saya edit di DrakorClass itu lebih dari 500 kata.

Untuk link internal, biasanya dimaksudkan supaya tulisan kita yang baru ada kaitannya dengan tulisan di domain yang sama. Untuk tulisan di drakorclass, selalu bisa sih menemukan link internalnya. Terkadang, dicari-cari sih, apalagi kalau misalnya aktornya belum pernah dibahas sebelumnya.

Nah, kadang-kadang yang agak sulit itu mencari link eksternal. Link eksternal yang paling sering saya pakai itu link tulisan teman-teman kontributor drakorclass. Karena mereka pasti sudah pernah membahas drama yang disebut dalam tulisan baru, atau profil aktornya. Kalau tidak ada link eksternal di blog kontributor, ya akhirnya saya akan melink wikipedia atau youtube.

Judul Tulisan

Setelah menginstal AIOSEO, saya baru tahu kalau judul tulisan itu disarankan tidak lebih dari 60 karakter. Bagian ini biasanya paling mudah diubah sih, kalau kependekan juga tidak bagus. Mencari judul yang menarik tapi mencerminkan isi tidak selalu mudah, tapi dengan bertanya ke teman-teman yang lain, pasti menemukan tulisan yang menarik dan mencerminkan isi.

Keterbacaan

Untuk bagian keterbacaan ada 3 hal: menyertakan video atau gambar dalam tulisan, suara pasif dan distribusi sub judul.

Untuk menyertakan gambar, tentunya tidak sulit. Namanya blog drakor, tinggal cari aja gambar poster drakor atau aktor yang sedang dibahas, pasti nemu banyak deh. Seringnya malah kebanyakan gambarnya, hehehe.

Suara pasif, hampir selalu sudah benar, jadi saya tidak pernah memperbaiki bagian ini.

Bagian yang seirng agak memusingkan itu adalah distribusi sub judul, alias menambahkan sub heading. Saya baru tahu, kalau dalam 1 bagian sub judul disarankan tidak lebih dari 300 kata. Kalau kejadiannya tulisan sinopsis film, terkadang keasikan cerita, lebih deh 300 kata. Tapi dengan menata ulang tulisan, bisa sih menemukan cara menambah sub judul. Tapi kalau memang tidak bisa diubah, bagian yang ini saya biarkan saja apa adanya.

Penutup

Setelah dipraktikkan, mengikuti saran AIOSEO itu memang membuat tulisan jadi lebih enak dibaca dan nilai SEO nya juga tetap terjaga. Tapi jangan lupa, ketika awal menulis, ya menulis saja dulu tanpa pusing-pusing dengan SEO.

Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang juga sedang belajar menulis dengan aturan SEO ya.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.