Pengalaman Membuka Tabungan di BCA Mobile

Disclaimer: Tulisan ini bukan endorse bukan iklan. Cuma cerita pengalaman dan siapa tau jadi berguna untuk yang membutuhkan.

Dahulu kala… lah, ini apaan sih kayak mau dongeng. Oke, sekarang cerita beneran.

Buka Rekening 20 Tahun Lalu

Terakhir saya punya rekening BCA masa kuliah. Karena gak ada isinya, selain repot urusan ke Bandung, akhirnya ditutup.

Pada masa itu, urusan buka rekening baru masih harus punya KTP lokal dan semua urusan harus ke cabang membukanya. Repotnya harus ke Bandung buat hal-hal seperti ganti kartu ATM misalnya rusak ataupun hilang.

Saya bahkan tidak pernah merasakan memakai internet banking BCA. Jadi, selama ini, kalau ada kebutuhan transfer dari BCA, saya selalu merepotkan Joe.

Setiap mau buka rekening, membayangkan ngantri di Bank dan harus menunggu lama, akhirnya tidak pernah dilakukan. Makanya bertahun-tahun tidak punya rekening sendiri.

Buka Tabungan BCA 2021

Joe sudah lebih dahulu tahu tentang layanan ini, karena dia sudah menggunakan aplikasi BCA mobile dari dulu. Dia melihat ada berita tentang buka rekening baru #dibikinsimple di smartphone ini.

Setelah menunda dan hampir lupa. Akhirnya hari ini saya berhasil membuka Rekening BCA melalui BCA Mobile.

Cara membuka rekening baru melalui BCA mobile

Petunjuknya sudah jelas ada di situs BCA, jadi saya tidak akan memberikan banyak screen capture dari apa yang saya lakukan.

Petunjuknya lengkap ada di situs BCA

Tapi tentunya ada beberapa hal yang perlu dimiliki sebelum melakukan pembukaan rekening dari aplikasi BCA mobile, yaitu:

  1. Tentu saja aplikasi BCA Mobile harus sudah terpasang di ponsel Anda.
  2. Nomor telepon Indonesia yang aktif yang belum pernah terdaftar untuk mobile banking BCA.
  3. Pulsa buat kirim sms, karena pendaftarannya juga akan mengirimkan SMS.
  4. Jaringan internet yang stabil untuk melakukan panggilan vidio.
  5. Smartphone memiliki kamera (karena akan diminta juga untuk menunjukkan KTP nya secara langsung ketika panggilan vidio selain memfotonya).
  6. KTP elektronik secara fisik.
  7. Kertas putih dan pulpen untuk tandatangan (dan bisa jadi akan diminta tandatangan lagi ketika panggilan vidio dilakukan).
  8. Punya cara untuk melakukan setoran awal (bisa dengan cara minta ditransfer dari rekening lain, atau melakukan setoran awal ke ATM BCA terdekat).
  9. Alamat e-mail untuk dikirimi informasi mengaktifkan BCA mobile dan Internet bankingnya.
  10. Punya waktu alias tidak sedang terburu-buru. Karena walaupun tidak terlalu lama menunggu, tentunya akan ada bagian harus menunggu terkoneksi ketika melakukan panggilan vidio.

Untuk langkah-langkah membuka rekening, saya tidak akan ceritakan secara detail dalam tulisan ini. Petunjuk di websitenya sudah sangat jelas dan bisa diikuti.

Masalah yang mungkin terjadi ketika membuka rekening

Ada saja kemungkinan masalah terjadi ketika membuka rekening secara online. Berikut ini yang saya alami.

SMS tidak terkirim

Ketika mengikuti langkah pembukaan rekening, salah satu tahapnya adalah mengirimkan SMS ke BCA. Nah, entah kenapa SMS ini selau gagal terkirim.

Saya gagal mengirimkan SMS nya beberapa kali di hari kerja. Untungnya mereka tetap buka di hari Sabtu dan Minggu. Mungkin saja jaringan saya yang error dan tidak ada hubungannya dengan hari apapun.

Hari ini, walaupun akhir pekan, akhirnya saya berhasil mengirimkan SMS. Setelah berhasil kirim SMS, proses dilanjutkan, kita akan diminta untuk membuat kode akses 6 karakter untuk masuk ke dalam aplikasi Mobile BCA.

Selanjutnya ya isi data diri seperti e-ktp, tandatangan dan foto diri (menggunakan kamera ponsel).

Menunggu Panggilan Vidio

Menunggu panggilan Vidio tersambung

Setelah semua data diisi, berikutnya sampai pada tahap verifikasi data dengan menggunakan panggilan vidio.

Awalnya sempat bingung, bukannya mendengar nada tersambung, tapi nada sibuk. Tapi tulisannya tetap: Tersambung…

Nah panggilan vidio ini bisa diulangi, tanpa mengulang pengisian data sebelumnya. Saya perlu menunggu beberapa menit sebelum akhirnya benar-benar terhubung.

Saya malah sempat melakukan kesalahan, ketika panggilan terhubung pertama kali, saya mau membesarkan suaranya, eeeh kepencet matiin HP.

Pada akhirnya setelah terhubung kembali, ditanya beberapa data termasuk di foto ulang secara jarak jauh sama petugasnya. Semua selesai tanpa harus mengantri di Bank dan saya mendapatkan nomor rekening saya untuk diisikan saldonya.

Beda buka Rekening BCA dulu dan sekarang

Buka rekening BCA sekarang jauh lebih mudah (tentunya karena ada teknologi internet).

Kalau dulu harus datang ke kantor cabang BCA di mana KTP kita terdaftar, sekarang kita bisa melakukannya dari mana saja asal ada koneksi internet.

Kalau dulu, membuka rekening harus ada setoran minimum di awal, sekarang tidak ada minimum setoran awal.

Kita bisa mengisi rekening kita dengan beberapa pilihan: transfer dari rekening lain atau dari setor tunai ke ATM. Yang jelas, kalau belum diisi ya ga bisa transaksi.

Kalau dulu, membuka rekening itu pasti dilanjutkan membuat kartu ATM. Sekarang ini kita tidak selalu butuh kartu ATM.

Kita tidak harus langsung membuat kartu ATM, karena ada banyak mesin ATM yang bisa tarik tunai tanpa kartu.

Kalau kita butuh kartu ATM secara fisik, nantinya bisa datang ke kantor cabang BCA terdekat (sesuai dengan yang kita pilih ketika mendaftar).

Yay, punya rekening baru di BCA

Setelah selesai panggilan vidio, saya langsung mendapat notifikasi lewat SMS dan e-mail untuk mengaktifkan BCA Mobile dan juga internet banking.

Selanjutnya setelah diaktifkan, saya melakukan setoran awal (alias minta diisiin rekeningnya sama Joe).

Semua proses tidak sampai 30 menit. Saya tidak harus keluar rumah melakukannya. Cuma butuh mengikuti instruksi, mengisi data, mendengarkan verifikasi dengan teliti dan selesai deh.

Sekarang, siapa yang mau mengirimi saya uang? Sini saya bisikin nomor rekening BCA saya. Hahahaha…

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.