Vaksinasi Covid-19 untuk Umum Di Chiang Mai Sudah Dimulai

Setelah menunggu-nunggu, akhirnya vaksinasi Covid-19 untuk umum (termasuk orang asing) sampai juga di Chiang Mai.

Dari beberapa hari yang lalu, kami sudah mendapat kabar kalau kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pendaftaran ini bisa langsung ke tempat-tempat seperti mall dan pusat perbelanjaan, bisa juga secara online.

Hari Senin, tanggal 7 Juni 2021 kemarin, seorang teman mendapat kabar kalau kita bisa datang langsung walaupun belum mendapat panggilan. Tapi syaratnya ya tetap, sudah pernah mendaftarkan diri melalui website.

Jadi, mekanismenya sebenarnya awalnya kita daftar, lalu kita akan mendapat panggilan. Akan tetapi, entah kenapa, ada saja yang tidak datang karena tidak mendapatkan panggilan.

Daripada dosisnya berlebih, mereka akan memberikan kepada siapapun yang datang ke lokasi vaksinasi, asalkan sudah pernah mendaftar.

Jenis Vaksin Covid-19 di Thailand

Saat ini ada 5 jenis Vaksin yang sudah disetujui untuk masuk ke Thailand: Sinovac, AstraZeneca, Pfizerm, Johnson &Johnson, Moderna dan Sinopharm.

Pada tanggal 7 Juni kemarin, Thailand memvaksinasi total 300.000 orang dari pagi sampai jam 4 sore. Vaksin yang sudah tersedia dan didistribusikan adalah AZ dan Sinovac. Untuk jenis vaksin lainnya sudah dipesan dan akan tersedia segera.

Vaksin diberikan secara gratis, kecuali nantinya untuk Moderna. kabarnya Moderna akan tiba bulan Oktober dengan harga kurang dari 4000 baht untuk 2 dosis.

Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 di Chiang Mai

Pendaftaran Vaksin untuk orang lokal menggunakan nomor identitas mereka. Sedangkan untuk orang asing, kami akan diberikan nomor unik setelah memasukkan nomor paspor.

Pendaftaran untuk yang tinggal di Chiang Mai bisa dilakukan di website ini. Lalu untuk memeriksa status pendaftaran bisa dilihat di link ini.

Joe dan saya sudah mendaftrkan diri dan mendapatkan 13 digit ID yang dibutuhkan. Saat ini kami menunggu mendapatkan notifikasi panggilan untuk divaksin.

Salah seorang teman kami orang Indonesia di Chiang Mai sudah mendapatkan vaksin kemarin. Dia mendapatkan dosis Sinovac. Katanya sih tidak ada efek samping yang dirasakan. Dosis ke-2 akan dilakukan sekitar akhir Juni 2021.

Hadiah untuk yang sudah Vaksin

Teman kami yang sudah vaksin cerita kalau beberapa tempat seperti Mc Donald, Dairy Queen, dan banyak tempat kasih gratisan seperti French fries, es krim dll. untuk yang sudah vaksin. Mereka tinggal menunjukkan kertas bukti sudah divaksin saja.

Bagus juga ya caranya, bukan hanya memberi vaksin gratis, tapi juga memberikan makanan untuk menggembirakan hati yang vaksin. Bukankah hati yang gembira adalah obat juga?

Sosialisasi Pelaksanaan Vaksin di Thailand

Sejak awal pandemi sampai sekarang, semua hal dikomunikasikan ke masyarakat dengan cukup baik, termasuk sosialisai untuk mempersiapkan diri sebelum divaksin.

Selain menggunakan media berita, pemerintah setempat juga menggunakan media sosial untuk memberi sosialisasi persiapan vaksin ini.

Penutup

Harapannya semoga saja proses distribusi vaksin ini berjalan baik. Kabarnya guru-guru dan dosen di universitas sudah lebih dahulu juga mendapatkan vaksin. Sekolah di sini akan dibuka segera.

Kegiatan di Chiang Mai juga sudah akan mulai cukup normal sejak tanggal 9 besok. Hanya dunia hiburan malam, gym dan fitness, dan penjualan alkohol yang masih dilarang untuk dibuka.

Kabarnya, direncanakan bulan Agustus Chiang Mai akan dibuka untuk turis dengan model sandbox seperti di Phuket. Model sandbox ini maksudnya hanya menerima turis yang sudah divaksin, lalu turis tersebut harus tinggal di Chiang Mai selama 14 hari sebelum bisa berpindah ke lokasi lain.

Akankah semua menjadi normal setelah vaksin terdistribusi ke sebagian besar masyarakatnya? Kita doakan saja.

Untuk sekarang ini, tetap ikuti prosedur yang ada dan mudah-mudahan saja vaksin bekerja memberikan imunitas pada kita dan memberi herd immunity juga. Selalu optimis, dan badai pasti berlalu.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.