Kenapa Perlu Ada Tujuan

Sabtu 23 April 2022, merupakan Community Day untuk bulan April di game Pikmin Bloom. Game yang kami mainkan sejak bulan November 2021 dan membuat kami jadi semakin rajin jalan kaki.

Community Day ini hanya ada 1 kali dalam sebulan, setelah beberapa bulan kami gagal mendapatkan target 10.000 langkah sehari, akhirnya hari ini kami mengusahakan untuk mendapatkan target lagi.

Cerita mendapatkan 10.000 langkah hari ini

Tapi, tadi pagi anak-anak nggak mau jalan keliling komplek. Karena kemarin memang baru vaksin, kami pikir mungkin juga mereka masih nggak enak badan. Tapi sebenarnya tidak ada keluhan apa-apa. Pagi hari masih pergi ke tempat belajar art seperti biasa.

Sore harinya, Joe mengajak anak-anak ke Night Safari untuk jalan kaki seperti biasa, dan mereka setuju. Jadilah kami pergi ke sana. Akan tetapi, karena paginya tidak jalan keliling komplek, berjalan keliling di Night Safari tidak cukup untuk mencapai target.

Sesampainya di rumah, kami masih menambahkan lagi berjalan kaki keliling komplek, tapi tetap saja masih kurang. Akhirnya jalan-jalan keliling rumah, dan sampai selesai makan malam, masih tersisa diatas 1000 langkah lagi.

Tanggung untuk menyerah

Sebenarnya 1000 langkah itu banyak, tapi dibandingkan dengan hampir 9000 langkah yang sudah dijalani, kok rasanya tanggung banget yah. Akhirnya masih melanjutkan keliling rumah sedikit lagi sebelum mengajak anak-anak tidur.

Sampai jam 10 malam, masih butuh 500 langkah lagi untuk mencapai 10.000 langkah. Akhirnya, jalan keliling dalam rumah lagi, dan ternyata hanya butuh sekitar 7 menit untuk mendapatkan 500 langkah terakhir itu. Malahan, saya berjalan lebih dari 10.000 langkah jadinya, karena kan setelah tercapai tujuannya, masih tetap saja jalan ke sana kemari sebelum akhirnya saya menuliskan tulisan ini.

Maksain banget ya biar dapat 10.000 langkah?

Sebenarnya ini antara memaksakan diri tapi juga senang aja kalau bisa mencapai target 10.000 langkah di Community Day yang hanya sekali sebulan. Sekarang ini saya belum bisa mendapatkan 10.000 langkah setiap hari, tapi ya masa sih sekali sebulan demi main game Pikmin Bloom aja nggak diusahakan? Ini tuh contoh dari tetap di zona nyaman sambil eksplorasi untuk memperluas zona nyaman. Siapa tahu suatu saat nanti, 10.000 langkah bisa menjadi target per hari.

Main bareng biar makin semangat

Dan tentunya, keberhasilan mencapai 10.000 langkah di Community Day hari ini karena ada faktor melakukannya bersama-sama dengan keluarga. Di saat saya sudah mau menyerah, yang lain masih semangat, jadi ya akhirnya ngikut juga. Terus, pada akhirnya, ketika langkah yang dibutuhkan sudah sangat sedikit dibandingkan tujuan awal, daripada menyesal mendingan dikerjakan toh.

Mission Accomplished

Pada akhirnya, kita memang perlu memiliki tujuan yang terukur. Sehingga kita bisa berkata ke diri sendiri, sedikit lagi sampai tujuan, ayo semangat! Dengan begitu, kita tahu kapan waktunya untuk sedikit memaksakan diri, atau kapan waktunya untuk menyerah saja.

Idealnya tentu saja lain kali kalau memang berencana mencapai 10.000 langkah, harusnya jalan pagi juga supaya tidak menumpuk di sore hari mengejar targetnya. Demikian juga dengan tujuan-tujuan lainnya, harus ada strategi untuk mencapainya dari awal, bukan ditumpuk menjelang deadline.

Eh jadi kemana-mana. Intinya sih, senang bisa menyelesaikan target Community Day hari ini.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.