BBC micro:bit

BBC Micro Bit (kadang ditulis “micro:bit”) adalah hardware open source yang dibuat oleh BBC (British Broadcasting Corporation) untuk mengajarkan pelajaran komputer di United Kingdom. Board ini sudah dirilis tahun 2016 dan sudah saya beli tidak lama setelah diluncurkan. Baru sekarangsaya tulis karena Jonathan baru mulai tertarik belajar ini. Sebagai homeschooler kami bisa memperkenalkan pelajaran apa saja ketika minat anak sudah ada.

Case kittenbot dan micro:bit

Micro bit ini ditargetkan untuk umur 11 tahun ke atas (walau lebih muda juga bisa), jadi sebenarnya memang baru cocok untuk usia Jonathan yang sekarang 9 tahun. Micro bit ini ukurannya sekitar setengah kartu kredit, ada dua tombol (plus satu tombol reset), konektor micro USB, dan 25 LED. Ada accelerometer (bisa jadi input dengan gerakan) dan juga magnetometer (bisa menjadi kompas), ada juga sensor temperatur (tapi kurang akurat karena built in).

img
Sumber gambar: https://tech.microbit.org/hardware/

Micro bit juga bisa dihubungkan ke handphone dengan Bluetooth Low Energy (BLE). Dua micro bit juga bisa berkomunikasi dengan radio (yang ini protokolnya proprietary, berdasarkan Gazell dari Nordic). Micro bit bisa dihubungkan ke banyak hardware, tapi sebelumnya saya jelaskan dulu tentang sisi softwarenya.

Micro bit dalam case Kittenbot

Software dan pemrograman

Resminya Micro bit bisa diprogram dengan browser memakai editor blok atau menggunakan Micropython dengan mengunjungi https://microbit.org/code/ . Tapi benda ini juga bisa diprogram dengan C, C++, BASIC, ADA, Rust, Swift, Forth dan mungkin masih banyak lagi.

Editor blok resmi memiiliki simulator, sehingga kita bisa langsung mencoba bahkan tanpa perlu hardwarenya. Perhatikan gambar board micro bit di kiri, gambar tersebut interaktif, kita bisa menekan tombol A, tombol B, atau keduanya.

Editor block bisa menerjemahkan kode langsung ke JavaScript. Kita juga bisa menulis kode Javascript dan jika tidak terlalu kompleks akan bisa otomatis diterjemahkan jadi bentuk blok. Javascript yang terlalu rumit akan muncul sebagai blok teks. Berikut ini contoh terjemahan otomatis dari blok ke Javascript.

Memprogram dengan browser sangat mudah: tidak perlu instalasi apapun, cukup memakai browser Chrome terbaru (jadi perlu punya komputer/laptop, bisa Windows/Linux/Mac). Transfer program ke Micro bit juga langsung dari browser.

Khusus untuk Micro bit yang dibeli beberapa tahun lalu, firmwarenya perlu diupdate dulu agar bisa diprogram via web. Cara updatenya cukup mudah, cukup colok ke komputer dan micro bit akan terdeteksi sebagai USB disk, kita cukup drag drop firmware terbaru agar berikutnya Micro bit bisa diprogram via browser.

Browser tidak harus di PC, browser ponsel juga bisa dipakai. Untuk transfer kode dari ponsel ke Micro bit, disediakan juga companion app untuk iOS dan Android. Transfer kode dilakukan via bluetooth. Jika memakai PC, kabel USB juga merupakan sumber daya listrik bagi micro bit, jika memakai HP, kita butuh kabel USB atau batere.

Tanpa hardware tambahan

Tanpa hardware tambahan apapun, sudah ada beberapa program yang bisa kita buat dengan Micro bit, misalnya:

  • kompas
  • animasi LED
  • game sederhana (bisa memakai tombol dan atau accelerometer)

Jika kita memiliki dua Micro bit, keduanya bisa berkomunikasi dengan mudah, jadi bisa dibuat berbagai aplikasi misalnya:

  • Mengirimkan pesan (misalnya kode morse)
  • game multiplayer

Kurang ide? ada banyak contoh yang diberikan di website Micro bit

Hardware Tambahan

Micro bit bisa dihubungkan ke device lain dengan alligator clip, device sederhana misalnya: LED, tombol, sensor, dsb. Selain device sederhana, sudah ada beberapa kit yang dirancang agar gampang dihubungkan ke Micro bit, di antaranya:

  • Sensor cuaca
  • Mobil-mobilan
  • Robot

Jadi Micro bit berfungsi sebagai otak untuk benda-benda tersebut. Editor blok memiliki fitur Extensions, sehingga berbagai benda tersebut bisa diprogram tetap menggunakan editor blok yang resmi tanpa perlu instalasi software tambahan.

Benda yang sudah saya belikan untuk Jonathan adalah Ring bit car v2. Mobil ini cukup mudah disusun, walau agak susah membuat kedua rodanya supaya tepat lurus. Di bawah mobil ada 2 LED Neopixel yang bisa diprogram warnanya. Dengan menggunakan dua micro bit, mobilnya bisa dijadikan mobil remote control dengan satu micro bit lain sebagai controllernya. Kita juga bisa menempelkan spidol ke mobilnya supaya mobilnya bisa “menggambar”.

Perbandingan dengan board lain

Ketika membandingkan dengan board lain, kita harus memperhatikan tujuannya. Untuk tujuan mengajari anak-anak board ini sangat bagus. Untuk mengajari orang dewasa atau mahasiswa, board lain akan lebih bagus.

Harga Micro bit sekitar 250 ribu rupiah (sekitar 18 USD). Menurut saya ini tidak terlalu murah, tapi juga tidak terlalu mahal. Jika memikirkan alternatif lain, maka ada dua hal yang bisa dibandingkan:

  • Kemudahan development (termasuk juga ketersediaan library)
  • Kelengkapan hardware dan kitnya

Alternatif yang lebih murah biasanya perlu ditambah dengan banyak modul. Contoh: board Arduino UNO bisa didapat dengan sekitar 3.5 USD, ESP8266 harganya mulai 2.5 USD dan ESP32 mulai 4 USD. Tapi semua board tersebut belum ada accelerometer, magnetometer, output LED dan tombol.

Jika ingin berhemat, maka kita harus menghabiskan waktu untuk:

  • membeli modul (accelerometer + magnetometer + led) dan kabel, serta breadboard
  • menyambungkan modul
  • mencari library yang cocok untuk modul tersebut

Untuk anak-anak yang baru belajar, micro bit ini menurut saya sudah sangat bagus. Design hardware Micro bit ini open source, siapapun boleh membuat versinya sendiri. Jika ini cukup populer, maka ada kemungkinan akan ada clone yang lebih murah (seperti Arduino UNO yang banyak clone murahnya dari China).

Untuk Anda yang tidak punya PC/Laptop, mungkin Raspberry Pi lebih cocok karena sebenarnya itu merupakan komputer mini, jadi tidak butuh komputer kecuali saat instalasi. Tapi harganya Raspberry Pi lebih mahal, dan Anda perlu mempersiapkan keyboard, mouse, SD Card, dan juga layar monitor untuk dihubungkan ke Raspberry Pi.

Sebagai informasi, Raspberry juga punya versi murah yang namanya Raspberry Pi Zero (tanpa Wifi) dan Zero W (dengan Wifi). Teorinya ini harganya sangat murah (5 USD untuk Pi Zero, 10 USD untuk Pi Zero W), tapi kenyataannya ini sulit sekali dicari. Di banyak tempat hanya membolehkan kita membeli satu saja dengan harga 5 USD (jadi jika ditambah ongkos kirim, akhirnya jadi lebih mahal). Sedangkan di tempat lain, harganya dimarkup jadi sampai 20 USD.

Penutup

Micro bit ini menurut saya cukup menarik untuk mengajarkan pemrograman dasar. Dengan micro bit, programmer bisa melihat efek langsung di dunia nyata, bukan cuma di layar komputer. Harga Micro bit ini memang tidak terlalu murah, tapi alternatif lainnya juga harganya serupa atau lebih mahal.

Sebenarnya masih terbuka kesempatan membuat board yang lebih baik dan atau lebih murah. Minggu lalu saya sempat datang ke Chiang Mai Maker Club dan di sana ada pelatihan memakai board mereka, yang tidak lebih murah tapi lebih baik. Informasi mengenai board dari Thailand ini akan saya bahas di posting berikutnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.