Playlist Anak-anak untuk Dikenang

Beberapa hari yang lalu, saat melihat-lihat channel apa saja yang ada di YouTube saya, saya malah jadi teringat sudah lama tidak mendengarkan lagu-lagu Badanamu. Seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya, saya suka dengan lagu-lagu Badanamu ini. Selain Badanamu, ada banyak lagu-lagu dan channel yang saya jadi tahu karena anak-anak menyukainya.

Joshua, sejak kecil suka dengan lagu Mother Goose Club

Waktu ada tantangan di grup KLIP untuk menuliskan kenangan yang tidak terlupakan dengan anak-anak, saya jadi terpikir kalau kebanyakan kenangan sudah pernah saya tuliskan di blog ini. Tapi, sudah pasti ada banyak juga yang tidak dituliskan di sini. Semuanya ingin diingat, tapi tentunya ingatan manusia itu terbatas. Nah, saya jadi ingat lagi kalau saya belum pernah menuliskan lagu-lagu apa lagi selain Badanamu yang sering didengarkan bersama anak-anak.

Biasanya, awalnya kami menemukan lagu itu tidak sengaja dari rekomendasi yang ada di YouTube. Lalu kami perhatikan liriknya cukup bagus, barulah kami berikan ke anak-anak untuk ditonton. Nah selanjutnya, di mobil juga saya akan pasang lagu yang sama.

Biasanya, kalau lagi suka dengan lagu tertentu, kalau pergi liburan atau kemana-mana, akhirnya lagu itu juga yang dibawa untuk hiburan anak-anak di jalan maupun di penginapan. Akhirnya, setiap kali mendengarkan lagu tertentu, rasanya jadi menjadi membawa kenangan tersendiri untuk saya. Lagu-lagu ini sudah menjadi seperti OST dalam kehidupan kami. 

Selain lagu nursery rhymes, ada beberapa acara anak-anak yang mengenalkan membaca dan berhitung tapi dibawakan dengan nyanyian juga. Untuk acara-acara tersebut, biasanya kami berikan sebagai bagian dari screen time mereka.

Berikut ini channel YouTube yang dulunya sering sekali kami kunjungi. Sebagian hampir saya lupa karena sudah lama juga tidak kami berikan ke anak-anak.

KidsTV123

Ketemu channel ini sejak Jonathan masih kecil. Jonathan suka mendengarkan lagu-lagu phonics, pengenalan angka sampai dengan solar system. Kami suka dengan channel ini karena animasinya sederhana, musiknya enak didengar. Kalau baca deskripsinya, semua lagu ini dinyanyikan oleh 1 orang misterius bernama A.J. Jenkins dan kebanyakan lagu merupakan karya original.

Waktu saya membukanya lagi hari ini, saya baru menyadari kalau umur channel ini hampir sama dengan Jonathan. Orang tersebut mulai menciptakan channel ini tahun 2009, dan isinya masih terus bertambah. Bahkan hari ini saya lihat, ada beberapa lagu baru yang diciptakan tahun 2020 ini.

Bob The Train – Nursery Rhymes and cartoon for kids

Untuk channel ini terutama ada 1 lagu yang paling sering didengarkan oleh Joshua, lagu phonic songnya.

Bob The Train – Phonics Song

Mother Goose Club

Isinya tentu saja lagu-lagu nursery rhymes yang biasanya dari buku mother goose. Mulai dari lagu The Wheels on the Bus, Head Shoulders Knees and Toes, Humpty Dumpty sampai pengenalan huruf, anak-anak suka mendengarkannya, ikut bernyanyi bersama dan menirukan gerakannya. Lagu yang paling saya suka yang judulnya Driving in My Car

Mother Goose Club – Driving in my Car

The Wiggles

Awalnya nonton The Wiggles di YouTube, kemudian berlanjut di Netflix. Lagu-lagunya umumnya nursery rhymes juga, tapi dibawakan orang dewasa dengan kostum. Terkadang mereka membawakan acaranya dengan gerakan yang menarik dan paduan alat-alat musik yang berbeda dari yang lain.

Alphablocks

Channel ini paling berperan membuat Joshua bisa membaca. Selain mengenalkan phonics, ada lagu-lagu mengenai huruf, channel ini juga mengajarkan membaca mulai dari kata dengan 1 silabel sampai dengan kata yang terdiri dari beberapa silabel.

Alphablocks – belajar baca

Pengenalan untuk huruf konsonan dan vokal panjang dan vokal pendek juga semua lengkap. Sekarang sih kami sudah jarang menonton channel ini, tapi saya baru ingat lagi karena menuliskan daftar ini saja, hehehe.

Preschool Prep Company

Nah ini satu lagi channel yang sering diputar waktu Joshua lagi tertarik banget untuk belajar baca dan berhitung. Selain belajar phonics dan sight words, Jonathan dan Joshua juga belajar MathFacts dari channel ini.

Penutup

Sampai sekarang, walau anak-anak sudah semakin besar, beberapa lagu tetap menjadi favorit kami. Lagu Badanamu yang saya putarkan lagi beberapa hari ini kembali menjadi favorit kami di mobil.

Lagu favorit saat ini – Go Fast

Semua lagu yang saya tuliskan ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan buat saya. Setiap mendengar lagu-lagu atau melihat channel ini, sepertinya saya akan ingat masa-masa Joshua masih berdiri berusaha pegang-pegang TV, sampai akhirnya sekarang mengerti kalau TV tidak boleh didorong-dorong karena bukan layar sentuh, hehehe.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.