Kilas Balik Maret 2020

Hari ini saya mau nulis dengan format yang berbeda. Karena bulan Maret 2020 saya mulai berkurang menuliskan tentang buku. Bulan Maret 2020 akan selalu saya ingat sebagai masa awal di mana semua berubah di seluruh dunia.

Maret 2020, banyak negara termasuk Thailand menutup penerbangan keluar masuk dari negaranya. Padahal di awal Maret, saya masih punya rencana untuk membeli tiket perjalanan untuk mudik ke Indonesia di bulan April. Apalagi saya ingat, waktu itu beberapa maskapai berusaha memberikan promosi diskon besar-besaran untuk penerbangan di bulan April.

Saya ingat, bulan Maret itu, semua masih belum jelas dan Covid-19 masih lebih menakutkan. Sebenarnya penyakitnya masih tetap menakutkan efeknya, tapi mungkin setelah menjalani berbulan-bulan, saya lihat kebanyakan orang mulai berani untuk menjalani hidup normal yang baru dengan memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak.

Lalu semua berubah ketika WHO menyatakan situasi pandemi. Masa di mana akhirnya semua kegiatan dipindahkan ke rumah, dan internet kencang menjadi sahabat terbaik. Teknologi pun dipaksa untuk mengalami percepatan karena pandemi. Hasilnya, sekarang ini walaupun banyak hal sudah kembali dilakukan dengan tatap muka, tapi banyak hal dipermudah dengan banyaknya kelas online yang bisa diikuti tersedia di internet.

Sebagai keluarga yang menghomeschool anak, sebenarnya kami tidak banyak mengalami efek dari pandemi dan anjuran di rumah saja, apalagi pada bulan Maret 2020, polusi di Thailand tetap masih belum berkurang.

Saya ingat, ketika awal kegiatan sekolah dipindah ke rumah, banyak orangtua masih berharap kalau ini hanya untuk 2 minggu. Lalu setelah 2 minggu, berubah menjadi bulan.

Di Thailand, kami agak lebih beruntung. Kebetulan juga tahun ajaran Thailand berakhir di pertengahan Maret. Jadi kegiatan sekolah di rumah tidak terlalu terasa untuk teman-teman yang di sini, tapi kegiatan anak-anak untuk melengkapi kegiatan homeschool nya terkena dampaknya juga dan jadilah kami di rumah saja dan menutup pintu rapat-rapat sambil menyalakan filter udara untuk mengatasi polusi.

Bulan Maret 2020, akan selalu diingat oleh banyak orang sebagai awal dari segala perubahan yang menjadi normal yang baru.

Harapan untuk adanya Vaksin saat ini sudah mulai mendekati kenyataan, tapi entah berapa bulan lagi baru ketahuan kalau Vaksinya bisa membuat semuanya kembali normal seperti sebelum Maret 2020.

Dan, pandemi ini lah yang membuat orang mulai lebih banyak waktu untuk menonton. Kalau saya sih malah berkurang menontonnya, karena anak-anak ada di rumah, mana bisa nonton terus hehehe.

Semoga ya…pandemi segera berlalu dan kita bisa kembali normal seperti sebelum Maret 2020.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.