Catatan Gigi Joshua

Sebelumnya, saya pernah menuliskan tentang gigi Joshua di tulisan ini. Intinya sih, sejak umur 2 tahun lebih sedikit, gigi atas bagian depan Joshua ada yang lepas sampai ke akarnya karena terbentur sofa.

Sejak saat itu, Joshua jadi ompong 1 gigi. Awalnya, terlihat aneh, tapi lama-lama saya jadi biasa melihat giginya ompong 1.

Sejak kejadian gigi lepas karena terbentur itu, kami bawa Joshua secara rutin ke dokter gigi untuk diperiksa sekaligus membersihkan gigi.

Sejauh ini sih, kata dokternya semua baik-baik saja, memang ada bagian yang kurang bersih menyikatnya dan perlu lebih diperhatikan lagi supaya jangan sampai gusinya pun tidak sehat.

Gigi Bawah Depan

Beberapa waktu lalu di bulan November 2020, gigi bawahnya mulai berganti dengan gigi permanen. Giginya lepas karena gigi baru sudah datang.

Satu gigi bawah menyusul beberapa bulan lalu, tapi ternyata gigi barunya sudah tumbuh sebelum giginya lepas. Sekarang ini jadinya, salah satu gigi bawah bagian depan ada yang terlihat kurang maju ke depan.

Gigi depan atas ompong 2

Beberapa hari yang lalu, gigi atas depan mulai goyang. Agak lama juga tuh gigi depannya goyang sampai akhirnya copot sendiri.

gigi ompong
giginya ompong 2

Saya pikir, gigi depan yang ompong akan tumbuh dulu sebelum gigi sebelahnya lepas, tapi ternyata saya salah. Sekarang Joshua jadi ompong 2 gigi deh.

Setelah melihat gigi Joshua ompong 2 di depan begini, saya jadi berusaha mengingat lagi, apakah dulu Jonathan pernah ompong 2 gigi depan juga. Kalau kata Joe sih pernah, tapi saya tidak ingat dan tidak menemukan fotonya juga.

Menunggu Gigi Atas yang Baru

Entah kenapa, dari dulu saya pikir bagian yang ompong itu akan tumbuh duluan sebelum sebelahnya lepas. Tapi, ada bagusnya juga ompong 2 begitu, jadi waktu tumbuh yang baru, tempat untuk tumbuhnya bisa rapih. Siapa tahu juga nanti tumbuhnya barengan seperti waktu tumbuh gigi pertama kali.

Memang benar ya, setiap anak itu berbeda. Walaupun sudah pernah mengalami anak tumbuh gigi, dan ganti gigi dengan gigi yang permanen, tetap saja belum tentu sama.

Saya sudah tidak ingat persisnya kapan Jonathan mulai ganti gigi permanen, makanya sekarang ini supaya tidak lupa, saya catat tentang pergantian gigi Joshua.

Masih agak harap-harap cemas nih, apakah gigi yang dulu terbentur itu benar-benar akan datang gantinya. Saya ingat, waktu itu dokter x-ray dan bilang gigi gantinya masih ada dan aman. Semoga saja bu dokter benar.

Penutup

Sebenarnya, tidak perlu khawatir juga dengan gigi yang tumbuh tidak teratur. Jaman sekarang, banyak pilihan untuk mempercantik gigi. yang tumbuh tidak teratur, tapi tentunya akan butuh usaha dan biaya. Lebih baik lagi kalau tumbuhnya bagus dan tidak perlu ada intervensi apapun kan.

Gigi merupakan bagian yang penting sekali buat kita. Bayangkan kalau tidak punya gigi untuk mengunyah makanan, bisa-bisa kita kurang nutrisi. Selain itu, karena gigi itu dibutuhkan seumur hidup, memang sebaiknya dirawat dengan baik, supaya tetap bisa menikmati makanan sampai tua nanti.

Semoga saja gigi anak-anak tidak bermasalah sampai besar nanti. Tentunya berharap gigi Joshua yang atas juga segera tumbuh dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.