Air Minum di Chiang Mai

Seperti halnya di Indonesia, air keran di Chiang Mai tidak bisa langsung di minum. Kalau dulu, sebelum musim air dalam galon atau air kemasan, kami memasak air keran sampai mendidih, lalu didinginkan untuk jadi air minum.

Sejak tinggal di Chiang Mai, kami tidak pernah memasak air keran. Di sini praktek yang umumnya dilakukan orang adalah membeli air minum, baik itu kemasan galon isi ulang, atau membeli filter air untuk dipasang di keran air.

Awalnya dulu, kami membeli air dalam botol 5 literan, tapi tentunya terasa mahal, karena minum air itu butuhya banyak. Akhirnya kami beralih ke air botol dalam galon besar. Harga air dalam galon di sini bervariasi mulai dari 18 baht/galon sampai 30 an baht/galon. Air kemasan galon ini bukan seperti merk Aqua yang klaimnya air mineral, tapi merupakan air yang sudah difilter oleh perusahaan yang menjual air minum. Biasanya filter yang dilakukan menggunakan reverse osmosis (RO) .

Selain membeli kemasan air dalam botol kemasan 5 literan, Pilihan untuk air minum yang lebih ekonomis ada 3:

  1. Membeli sendiri filter system dipasang dirumah
  2. Mengisi ulang ke vending mesin RO yang tersedia di banyak tempat
  3. Berlangganan isi ulang air yang sudah difilter diantar ke rumah setiap minggunya.

Masing-masing pilihan ini ada plus minusnya. Kalau membeli sendiri filter RO tentunya mahal, pilihannya akhirnya jatuh ke filter level berikutnya. Misalnya filter merk pure berikut ini:

Beberapa pilihan filter air yang bisa dipasang di rumah

Filter air ini ada berbagai jenis, harganya juga bervariasi. Setiap beberapa bulan filternya harus diganti. Ada yang 3 tabung, atau 4 tabung atau plus sinar uv. Kami pernah membeli filter begini untuk dipasang di rumah, tapi entah kenapa saya tetap gak yakin untuk meminumnya, apalagi karena saya orangnya kurang rajin mengingat sudah berapa bulan dan filter tabung mana yang harus diganti. Harga ganti tabung filternya juga tidak murah, tapi pilihan ini praktis asal ingat untuk ganti filter secara berkala.

Mengisi ulang ke mesin RO sebenarnya cukup murah, dengan 20 baht kita bisa mengisi 1 galon besar. Kalau seminggu kebutuhan memakai 3 galon berarti seminggu cukup 60 baht untuk membeli air. Tapi piihan mengisi ulang ke vending machine itu repot hehehe, dan terlalu berat kalau saya yang melakukannya sendiri.

Pilihan kami saat ini adalah mengisi ulang botol kemasan dengan mobil yang datang mengantarkan ke rumah sekali seminggu. Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa isi ulang air minum yang sudah di filter ini, botol kemasannya juga banyak pilihan. Biasanya pertama kali kita diminta untuk “membeli” dengan botolnya, lalu berikutnya tinggal membeli air isi ulangnya saja. Botol bisa dikembalikan ke mereka kalau kita berhenti berlangganan.

Dari beberapa tahun di Chiang Mai, kami sudah berganti rumah beberapa kali, dan tiap berganti rumah akhirnya berganti langganan air minumnya juga. Sekarang ini kami berlangganan dari perusahaan DewDrop, salah satu yang menyediakan kemasan botol yang bening dan botol kaca.

beberapa pilihan kemasan botol yang tersedia

Umumnya perusahaan air minum lain menjual minuman kemasan dalam botol berwarna putih. Harganya juga lebih murah. Sekarang ini untuk mengisi botol kaca (12 botol) harganya 35 baht, sedangkan mengisi galon bening harganya 30 baht.

Satu hal sangat berasa bedanya dengan air galon di Indonesia adalah, di sini mereka tidak menyediakan tissue basah untuk lap botolnya. Jadi ya, kita lap aja sendiri pakai kain kita yang bersih.

Satu produk yang kami bawa dari Indonesia untuk memudahkan menuang air galon ke dispenser bikin tukang antar air kami terkagum-kagum. Tutup botol ini saya gak tahu sebutannya apa di Indonesia, tapi dulu saya memang bawa dari Indonesia dan tidak menemukannya di Thailand sini.

Waktu terakhir pulang ke Depok, kami melihat kalau sekarang sudah ada dispenser yang tidak perlu mengangkat galon ke atas, tapi cukup disimpan di laci bawahnya saja. Entah kapan dispenser model begitu masuk ke Thailand, tapi sepertinya kalau ada bisa lebih praktis supaya gak harus repot waktu tukar galon.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.