Pasta Bayam Panggang

all in one: ada daging, sayur dan karbohidratnya

Dari dulu, sering bikin masakan asal-asal. Tahun 2010 dulu awalnya bikin bayam panggang tanpa bumbu prego. Sempat jadi masakan andalan kalau lagi malas, tapi ternyata versi sebelumnya itu tetep butuh banyak iris-iris ini itu. Kalau mau lihat bayam panggang versi 2010 bisa dilihat di blog masakan pemalas.

Beberapa tahun terakhir, nemu carbonara mushroom kalengan merk prego. Awalnya sih prego carbonara ini dibikin untuk makan spaghetti carbonara saja, tapi pernah sekali masaknya kelebihan jadi kepikiran kalau dipanggang campur bayam kayak gimana ya.

Setelah coba-coba, muncullah versi bayam panggang versi super malas ini. Supaya gak lupa saya tuliskan bahan-bahannya di sini.

  • prego carbonara mushroom
  • spaghetti (atau pasta apapun)
  • bayam
  • bacon/daging/apa yang tersedia di rumah
  • telur 2 butir
  • susu
  • butter/minyak buat menumis
  • keju parut atau lembaran

Persiapan:

  • rebus pasta lalu tiriskan
  • petik bayam dan cuci
  • iris-iris bacon
  • aduk-aduk telur
  • parut keju

Langkah memasak:

  • lelehkan butter dan tumis daging giling menggunakan butter. Kalau gak ada butter pakai minyak goreng dikit juga bisa
  • masukkan susu sedikit, aduk-aduk, kecilkan api
  • masukkan telur yang sudah diaduk, pastikan api tetap kecil
  • masukkan prego carbonara mushroom. api sedang
  • masukkan bayam dan biarkan sampai agak layu
  • masukkan spaghetti/pasta
  • kalau airnya terlihat kurang, tambahkan susu/air dan aduk sampai mendidih.

Sebenarnya sampai langkah ini saja semua bahan sudah matang, tapi kalau gak dipanggang joshua gak mau makan sayurannya. Jadi langkah tambahan yang butuh waktu adalah, masukkan semuanya ke dalam wadah panggang dan taburi keju diatasnya. panggang 200 derajat selama 30 menit atau ya perhatikan saja jangan sampai kejunya gosong.

Kalau lagi ga punya keju batang atau malas memarut keju, kadang-kadang saya pake keju lembaran, tapi keju lembarannya saya bagi jadi 8 irisan dan disusun di seperti menutupi spaghetti bayamnya.

Agak susah menuliskan tanpa memfoto tiap langkahnya, apalagi karena saya masaknya emang sering ngasal. Ukurannya pake perasaan. Biasanya 1 kaleng prego itu saya bikin untuk 2 porsi panggangan, jadi 2 porsi untuk makan siang, 1 porsi lagi untuk makan malam hehehe.

Makanan ini sudah lengkap karbohidrat, sayuran dan protein hewaninya. Tapi kadang-kadang Joshua makannya masih pake nasi lagi hehehe. Makanan ini sepertinya berlemak sekali ya karena ada susu, butter, keju dan bacon. Tapi ya karena Joshua sampai sekarang doyannya nasi telur dadar melulu, sekali seminggu saya bikin bayam panggang ini supaya ada asupan lainnya selain telur dadar.

Hari ini udah gak perlu masak lagi deh. Biasanya akhir pekan malah saya emang ga pernah masak karena beli makanan atau ajak anak-anak jalan. Tapi hari ini kami memutuskan di rumah saja karena polusi udaranya memburuk lagi. Saya pikir minggu kemarin (kisaran 500) sudah paling tinggi, ternyata hari ini masih lebih tinggi lagi di 677.

Chiang Mai hari ini

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.