Kegiatan Charming Chiang Mai Flower Festival 2022

Setiap akhir pekan pertama di bulan Februari, selalu ada yang namanya festival bunga. Tahun 2020, acaranya ada, tapi karena sudah mulai ada kasus Covid, kami tidak pergi. Tahun 2021, acaranya ditiadakan karena kasus Covid yang mulai tinggi di Thailand pada saat itu. Kami terakhir mengunjungi acara festival bunga di tahun 2019, kebetulan mama saya. lagi mengunjungi Chiang Mai, jadi sekalian mengajaknya berjalan-jalan.

Tahun 2022 ini, setelah banyak yang divaksin termasuk booster vaksin, acaranya diadakan kembali. Tidak tanggung-tanggung, acaranya berlangsung selama 15 hari dan pameran bunganya tersedia di 2 tempat.

Bulan Februari, memang biasanya bunga-bunga sedang bermekaran dengan indahnya. Sepertinya ini alasannya kenapa festival bunga diadakan di bulan Februari setiap tahunnya. Sepertinya bulan Februari adalah bulan di mana penduduk di Chiang Mai dimanjakan dengna melihat bunga yang indah di mana-mana.

Bunga dan Hati, di mana-mana

Kalau biasanya acaranya berupa parade mobil yang dihias bunga dan diiringi marching band, lalu semua mobil parkir di taman kota yang dihias sejak Jumat sore sampai Minggu sore, kali ini tidak ada parade, tapi mobil hias tetap ada di parkir di luar taman. Selain di taman kota, tahun ini acaranya juga ditambahkan di taman lokasi lain yang dekat dengan danau buatan.

Setelah hari Sabtu yang lalu kami mengunjungi taman kota dan gagal masuk ke dalam melihat bunganya karena antrian yang panjang untuk masuk ke taman, hari ini kami memutuskan untuk mengunjungi tempat yang dekat danau dan sengaja pergi agak siang.

Lokasinya bisa dilihat di google map berikut ini. Atau masukkan kata ini: สวนเฉลิมพระเกียรติเชียงใหม่

Ini sebagian kecil dari foto yang diambil di tempat pameran tadi. Mungkin karena ini bulan Februari, banyak hiasan yang dibuat berbentuk hati sebagai tanda kasih sayang.

Tapi ternyata, karena siang itu terlalu panas, anak-anak nggak suka berlama-lama melihat bunga. Sebenarnya ada lebih banyak foto bunganya, tapi ya kalau mau lihat di google maps nya juga ada banyak yang diupload oleh orang-orang lain, hehehe.

Oh ya, saya juga baru tahu dari laman Facebook nya kalau hampir setiap malam sepertinya ada berbagai acara dan juga pertunjukan air mancur dengan lampu-lampu. Pertunjukan lampu di malam hari pasti keren ya, sayangnya kami tadi ke sana masih siang, lampunya tentu saja tidak dinyalakan.

Karena acara ini sampai tanggal 15 Februari, kalau ada kesempatan, mungkin kami akan ke sana lagi agak sorean.

OTOP: One Tambon One Product

Di lokasi ini, selain ada taman untuk pameran bunga, ada juga kegiatan berjualan berbagai produksi dari berbagai daerah di Thailand. Jadi, pergi ke sana itu seperti memberi makan untuk mata dan juga untuk perut, hehehe.

Senang rasanya melihat pameran OTOP ini. Biasanya, setiap tahun ada beberapa kali event yang cukup besar dan berjualan berbagai hal seperti ini, tapi sejak pandemi, kegiatan seperti ini tidak pernah diadakan lagi.

Acara seperti ini tentunya tetap dengan prokes yang ditentukan, tetap menjaga jarak dan memakai masker. Selain itu sebelum masuk ke lokasi, di minta untuk mendaftarkan nama dan nomor telepon untuk keperluan tracing jika dibutuhkan.

Semoga saja pandemi segera berlalu, dan acara seperti ini bisa kembali diadakan secara rutin. Walaupun belum banyak turis yang datang ke Chiang Mai, tapi dengan adanya kegiatan begini, roda perekonomian kembali bergerak.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.