Festival Bunga Chiang Mai 2019

Festival Bunga di Chiang Mai di adakan setiap akhir pekan pertama di bulan Februari. Untuk tahun ini, festival bunga diadakan sejak hari Jumat tanggal 1 Feb sampai dengan hari Minggu 3 Feb 2019. Setelah beberapa tahun tidak mengunjungi festival bunga dengan berbagai alasan: terlalu ramai, banyak orang, males sampai gak tau parkir di mana supaya jalan tidak jauh, akhirnya tahun lalu kami menemukan tempat parkir yang ideal dan waktu yang tepat untuk mengikuti acara ini.

Mumpung mama saya juga masih di sini, ya sekalian mengajak mama saya jalan-jalan lagi. Mama saya sudah beberapa kali ke Chiang Mai, tapi baru kali ini waktunya pas dengan acara festival bunga ini.

Bunga Tulip aneka warna juga ada di Pameran Bunga Chiang Mai

Biasanya, kebanyakan tempat di Chiang Mai tidak memungut biaya parkir, tapi untuk acara khusus ini mereka mengenakan biaya parkir 50 Baht untuk mobil dan 20 Baht untuk motor. Ada beberapa tempat parkir dadakan di sekitar taman kota setiap kali ada acara ini. Tempat parkir dadakan ini ada yang jalannya relatif dekat dan ada juga yang bikin kita harus jalan lumayan jauh. Tempat yang kami pilih relatif dekat, tapi ya butuh menyebrang jalan sedikit.

Rangkaian acara festival bunga ini cukup panjang dan tidak semua kami ikuti. Sekitar 10 tahun lalu, kami melihat parade mobil hias di pagi hari dan mendatangi taman untuk melihat orang berjualan makanan dan tanaman selain hiasan bunga di taman kota di sore hari. Biasanya di sore hari akan ada acara di panggung berupa hiburan dan juga penyerahan hadiah untuk putri Chiang Mai.

Tahun ini kami memutuskan berangkat pagi hari sekitar jam 9.30 langsung ke taman kota dan tidak melihat parade. Di sana, tentunya jalanan masih belum terlalu ramai karena mobil parade juga belum tiba. Kami bisa berjalan cukup nyaman dari tempat parkir ke taman yang sudah dihias dengan aneka bunga. Salah satu tujuan tentunya melihat bunga Tulip aneka warna. Bunga tulip ini dikembangkan di Thailand, tapi bukan bagian sehari-hari dari taman kota.

Kebanyakan bunga-bunga yang disusun di taman akan dipindahkan lagi setelah festival bunga selesai. Sebelum festival bunga berlangsung, taman ini ditutup sekitar 2 minggu supaya mereka bisa menyusun bunga dan dekorasi lainnya tanpa gangguan pengunjung. Selain bunga tulip, ada bunga lily, bunga kertas, bunga tai ayam, hiasan-hiasan payung dan gelas kayu besar dan berbagai hal yang membuat taman kota terlihat lebih indah dari biasanya.

Mengunjungi festival bunga ini sekalian merefresh ilmu mengenai bunga apa yang dilihat dan sekalian mengajarkan ke Jonathan nama-nama bunga yang dilihat dalam bahasa Indonesia juga. Semua bunga yang ada terlihat indah sekali, hari yang cerah membuat bunga-bunga itu terlihat lebih indah lagi. Selain bunga-bunga aneka warna, mereka juga membuat hiasan rangka gajah dan panda yang diisi dengan bunga asli.

Taman kota ini merupakan taman yang biasa kami kunjungi untuk bermain, anak-anak sudah hapal tujuan pertama itu ke playground. Tapi karena banyak sekali orang, Joshua gak betah bermain lama-lama, dia memutuskan tujuan berikutnya makan es krim hehe. Abis makan es krim, baru deh dia eksplorasi keliling taman dan juga berikutnya ekplorasi ke luar juga. Seperti biasa, dia gak mau dipegang tangannya dan mau jalan sendiri aja. Tenaganya kayak gak ada habisnya.

Setelah kami selesai foto-foto bagian dalam dan istirahat di coffee shop di dalam taman, mobil-mobil parade ternyata sudah tiba dan parkir di luar taman. Mobil parade yang dihias dengan bunga-bunga ini berasal dari berbagai daerah di seputar Chiang Mai. Beberapa mobil juga berasal dari bank ataupun bisnis yang ingin mengiklankan diri. Tahun ini ada Air Asia juga selain bentuk KingKong hehe.

Kalau dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, saya perhatikan tahun ini jauh lebih indah dan teratur. Tamannya lebih indah, mobil-mobil hiasnya juga lebih indah. Tukang jualan yang berjualan di kanan kiri jalan juga lebih teratur. Tidak kalah pentingnya, kami datang di waktu yang tepat, sehingga bisa cukup mudah untuk berjalan tanpa nabrak orang lalu lalang. Untuk mengambil foto mobil hiasnya juga lebih mudah karena belum terlalu banyak orang rebutan foto.

Hari ini saya nobatkan sebagai hari terbanyak selfi di tahun 2019 hehehe.

Foto-foto yang saya upload di sini hanya sebagian dari foto yang kami ambil hari ini. Kalau mau lihat lebih banyak lagi, yuk main-main ke Chiang Mai bulan Februari tahun depan :). Pastikan saja punya memory card dan batere yang cukup banyak untuk mengabadikan berbagai keindahan yang tersedia di depan mata hehehe.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.