Joshua dan Piano

Joshua sekarang ini berumur 3 tahun 8 bulan. Sejak dulu keliatan punya ketertarikan dengan alat musik. Tapi karena dia belum lancar komunikasinya jadi belum bisa juga dikursusin piano. Beberapa waktu lalu saya iseng ngajarin dia lagu dari buku piano waktu awal belajar piano, cuma pakai 3 key hitam doang. Nah ternyata, dia bisa ingat dan mengulang-ulang lagu itu walaupun masih pake 1 jari saja.

Gaya serius kayak udah jagoan main piano

Setelah dia berkali-kali mainkan lagu yang sama, saya iseng lagi, kenalin dia untuk bisa do-re-mi-fa-so-la-si-do terus dari situ mundur lagi do-si-la-sol-fa-mi-re-do. Nah gak pake lama, dia bisa ingat juga. Kadang-kadang dia suka main asal-asal, terus mulai secara random dan setelah ketemu nada do, dia tau untuk nerusin sampai do tinggi dan kembali lagi ke do tersebut.

Jadi dalam waktu beberapa hari, kalau saya lagi mau latihan piano, dia pasti ikutan. Dia selalu memulai dengan lagu yang pertama saya ajarkan, dan kemudian do-re-mi berkali-kali. Saya perhatikan, dia masih belum ingat di mana letak do itu sebenarnya, tapi dia pencet random sampai dia ketemu do. Joshua sepertinya sudah mengenali nada.

Kemarin, saya iseng lagi, saya pikir daripada dia bosan cuma bisa 2 lagu, saya ajarin lagu dari buku piano juga, nadanya seperti lagu Mary had a little lamb. Nah, kemarin waktu saya ajarin dia masih insist mau lagu yang dia udah tau aja dan do-re-mi. Saya berusaha kasih tau berkali-kali dia gak mau dengar. Tau-tau hari ini, waktu dia lagi merebut main piano dari saya, setelah dia pencet asal-asalan, eh tau-tau dia main Mary Had a Little Lamb ini. Saya kaget tapi seneng juga, karena ternyata dia bisa ingat hahaha.

Awalnya dia sempat salah, tapi setelah beberapa kali, dia seperti bisa mengoreksi diri sendiri dan mengingat tuts mana yang harus di tekan. Karena gak berhasil upload video, kalau mau liat Joshua main piano klik link ini ya: Mary Had a Little Lamb . Lagu ini juga menggunakan 3 tuts hitam saja.

Tadi saya iseng lagi deh, ajarin dia mainkan lagu ABC, dia seneng banget nyanyi ABC soalnya. Nah ini dia gak menolak tangannya saya arahkan supaya bikin lagu ABC, malahan kalau udah selesai dia ngomong let’s sing it again. Tapi tadi sih dia belum bisa ingat semuanya, kalau dia besok-besok bisa lagu ABC saya pastikan akan mengenalkan bermain lagu baru lagi hahaha.

Selain main piano, dia juga suka sekali menyanyi. Lagu yang selalu dia nyanyikan setiap hari ya lagu ABC. Tapi belakangan ini dia bisa cepat menirukan lagu walaupun kemungkinan dia ga ngerti artinya. Waktu ada mama saya, kami berhasil mengajarkan dia lagu bahasa Indonesia. Maksudnya ya supaya dia punya lagu lain selain lagu ABC heehehehe. Untuk lagunya sejauh ini tapi belum berhasil merekam, setiap merekam dia suka rebut HP nya, jadi belum bisa di share gimana contoh Joshua lagi nyanyi bahasa Indonesia.

Penulis: Risna

https://googleaja.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.