Joshua dan Global Art

Kalau dulu pernah cerita soal Jonathan belajar di Global Art. Sekarang Joshua sudah kami ikutkan juga. Awalnya masih agak ragu-ragu mendaftarkannya karena di rumah saja kalau diajakin mewarnai masih sulit dan ujung-ujungnya malah nulis ABC lagi.

Jadi sejak 3 minggu lalu, dicobalah bawa Joshua ke Global Art. Untuk anak umur Joshua (4 tahun) program yang diberikan ada 2 pilihan: 1 kali seminggu atau 2 kali seminggu dengan durasi setiap pertemuan maksimum 1 jam. Sebelum masuk juga diberikan sejenis assesment dulu untuk melihat apakah anaknya sudah bisa ikutan kelas atau tidak.

Awalnya, tentu saja karena Joshua belum kenal gurunya, agak sulit mengarahkan dia untuk mengerjakan tugasnya. Tapi tanpa disuruh, Joshua kadang-kadang langsung mengerjakan lembar assesment lalu beralih ke lembar lain untuk menulis ABC hehehe. Tapi akhirnya kembali lagi dan menyelesaikan assesmentnya.

Kami daftarkan Joshua seminggu belajar 1 kali 1 jam saja. Ini juga biar dia belajar mendengarkan instruksi dari guru sekalian melatih motorik halusnya untuk memegang alat tulis yang benar. Sebenarnya Joshua sudah bisa menulis dengan bagus, tapi cara pegang pensilnya masih gak benar dan kalau diteruskan nantinya dia yang akan kesulitan sendiri.

Setelah di asesment, akhirnya Joshua mulai kelas pertamanya. Di Global Art ini untuk tiap tingkatan ada kurikulum yang harus diikuti anak. Jadi untuk umur 4 tahun biasanya diajarkan untuk menarik garis dan menggambar bentuk. Lalu nanti mewarnainya. Sebenarnya, Joshua udah sering mewarnai bentuk, tapi selalu ya masih keluar garis dan atau kalau ada bentuk di dalam bentuk lainnya, dia suka main tabrak aja semua diwarnai hanya 1 warna yang sama. Tapi dengan kesabaran gurunya, sambil dikasih selingan nulis ABC, jadi juga dia mewarnai bentuk.

Minggu ke-2 dia menggambar telapak tangan, mewarnai tangan kecil dan tangan besar dengan warna yang berbeda. Masih dia kerjakan dengan sangat cepat, sehingga dia punya waktu untuk menuliskan huruf A sampai Z di kertas lain dengan menggunakan kuas cat air.

Gak mau mewarnai buku, maunya bikin huruf aja

Hari ini minggu ke-3, dari rumah dia semangat sekali mau ke global art. Saya pikir, oke deh dia udah mulai suka mewarnai. Ternyata….jreng jreng, dia cuma mau menulis huruf A sampai Z besar dan kecil. Gurunya bilang, menarik garis untuk gambar bulan sabit dan bintangnya aja dia ga mau ikutin. Tapi ya gurunya masih berusaha ikuti maunya, di setiap lembaran dia tulis huruf besar A dan huruf kecil a, lalu gurunya gambar objek berawalan huruf a – apple. Terus gurunya suruh warnai tuh applenya. Dia ga mau hahahaha.

Jadi hari ini dia berhasil menyelesaikan kartu huruf A sampai Z yang dia tuliskan huruf besar dan kecil, lalu setiap kartu diberi ilustrasi oleh gurunya dengan gambar yang berawalan huruf tersebut. Itu kertas sebenarnya bukan bagian dari kurikulum, tapi gurunya sengaja bikin kertasnya udah dipotong dari bekas kerjaan anak lain yang udah dipotong ukuran flashcard gitu dan kartu-kartunya disatukan dengan benang. Gurunya kreatif ya, jadikan anaknya senang punya kartu huruf mainan baru hehehe.

Rencananya kalau ada waktu, minggu ini saya akan ajakin Joshua untuk mewarnai tiap objek yag sudah digambarkan oleh gurunya. Tapi ya kalau dia tidak mau apa boleh buat. Mungkin memang dia lebih suka huruf dan angka daripada mewarnai. Atau ya cari materi mewarnai huruf-huruf terus mamanya aja yang memaksakan diri jadi guru hihihi.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.