Bunga di Tepi Jalan

Saya senang sekali, pemandangan setiap pagi saat nyetir itu seperti ini.

bunga kuning bermekaran di kiri dan kanan jalan

Setiap akhir musim dingin dan awal musim panas seperti sekarang, jalan Chiang Mai Hang Dong dan jalan menuju Royal Flora Rajapreuk selalu tampak indah dengan pohon yang daunnya hampir tidak ada dan digantikan dengan bunga kuning bermekaran.

sebagian bunga sudah rontok ke jalan

Melihat keindahan sepanjang jalan, saya terpikir dengan frasa: dari mata turun ke hati. Keindahan kiri dan kanan jalan, membuat hati rasanya senang juga. Setiap pagi hari, melewati jalan ini menjadi penyemangat memulai aktivitas hari.

bunga yang jatuh

Kemarin, saya berkesempatan melihat pohonnya lebih dekat dan memfoto bunga yang jatuh dari pohonnya. Karena penasaran saya cari tahu nama pohon bunga ini di google lens.

hasil pencarian Google Lens

Hasilnya, nama bunga ini adalah golden trumpet atau lebih dikenal dengan nama Handroanthus chrysotrichus.

Bunga ini aslinya dari Brazil, saya sempat salah paham berpikir bunga kuning yang mekar ini merupakan bunga Rajapreuk yang berwarna kuning juga dan merupakan bunga nasional Thailand.

Coba bandingkan bunga golden trumpet dengan bunga nasional Thailand dikenal dengan nama Rajapreuk atau golden shower atau Cassia fistulla

hasil pencarian bunga Rajapreuk

Sekilas mirip ya, karena pohonnya penuh dengan bunga kuning dan daunnya hampir semua hilang. Tapi kalau diperhatikan lebih dekat, bentuk bunganya berbeda. Bunga Rajapreuk menjuntai ke bawah, sedangkan bunga Golden Trumpet lebih mengumpul.

Ah jadi ingin mengunjungi royal flora rajapreuk, saya yakin bunga Rajapreuk ada di sana dan sedang berbunga indah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.