Chiang Mai Maker Party 2019

Acara maker party ini pertama kali kami kunjungi di tahun 2017. Ceritanya ada sedikit dalam posting di sini. Tahun lalu kami mengunjungi juga tapi tidak kami tuliskan, dan tahun ini untuk ke-3 kalinya kami mengunjungi acara maker party. Biasanya selalu ada yang menarik untuk anak-anak walaupun sebenarnya acaranya bukan acara anak-anak.

Hadiah buat pemenang balapan mobil AI Racing

Apa sih maker party itu? Ini acara untuk menampilkan hasil karya para pencipta (maker). Biasanya sih kebanyakan berhubungan dengan IoT, tapi tahun lalu ada juga yang berhubungan dengan seni, bahkan saya ingat ada yang berkaitan dengan benang dan kain juga.

sumber: https://www.facebook.com/events/618117872049524/

Tahun ini topiknya AI for makers. Acara puncaknya ada balap mobil-mobilan yang mana masing-masing mobil-mobilan ini diprogram dengan AI (niru self driving cars). Begitu sampai di tempat acara, Joshua dan Jonathan langsung lihat ada mobil-mobilan remote control dan gak mau pindah dari sana sampe lama. Padahal, mobil-mobilan yang mereka mainkan itu bukan termasuk mobil-mobilan yang akan diperlombakan buat balapan, hehehe.

Selain mobil-mobilan remote control, di sana ada juga mainan ular tangga besar, ada mainan jenga dengan kotak karton, ada virtual reality, dan ada juga yang berusaha menjual filter udara atau pembersih lantai dengan design dan harga yang lebih murah daripada di pasaran.

Dipikir-pikir, acara ini sebenarnya acara untuk remaja atau orang dewasa, tapi ya karena ada karya-karya yang menarik buat anak-anak, mereka juga betah ikutan di sana. Setiap tahunnya, akan selalu ada workshop yang bisa diikuti oleh siapa saja. Tahun lalu saya ingat Jonathan ikutan bikin tas di cat dengan marbling art (dan tas itu masih dia pakai sampai sekarang).

Tahun ini Jonathan dan Joshua ikutan workshop untuk membuat stiker. Jadi intinya sepertinya mereka sedang memamerkan mesin pemotong yang cara kerjanya menscan gambar lalu memotong bahan yang kita masukkan. Bisa berupa kertas stiker, papan tipis, kulit ataupun kertas khusus yang bisa disetrika ke kain.

Dengan biaya 20 baht, anak-anak diberi kesempatan menggambar apa saja di kertas stiker. Lalu kertas stiker itu akan di masukkan ke mesin pemotongnya, nantinya kita bisa memperoleh banyak stiker sesuai dengan gambar yang dibikin di kertas stiker tadi.

Sebenarnya ada workshop membuat yang lain termasuk membuat tas kain, puzzle kayu ataupun tempat menggulung kabel. Tapi yang paling menarik kalau untuk anak-anak ya tentunya stiker.

ayo main ular tangga

Acara ini diselenggarakan setiap tahunnya oleh Chiang Mai Maker Club. Lokasinya persis di dekat toko benang tempat saya dulu rajin belanja benang (jaman masih rajin merajut). Kegiatan Maker Club ini ada banyak, dan mereka punya banyak mesin canggih yang bisa kita pinjam (pakai di lokasi) termasuk mesin jahit bordir, printer A3, printer 3D dan berbagai mesin canggih yang biasanya dipakai untuk design sesuatu. Setiap pulang dari maker party jadi keingat sama tumpukan benang yang juga harusnya jadi sesuatu daripada numpuk doang.

persiapan AI Racing

Kita semua punya potensi menghasilkan karya, dan kita semua adalah maker. Yuk kita bikin karya yang bisa berguna. Minimal kalau belum bisa berguna untuk dijual ke publik, kita bisa menghasilkan karya yang berguna untuk diri sendiri dan keluarga.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.