Langganan Gramedia Digital

Setelah membaca beberapa buku berbahasa Indonesia di ipusnas, akhirnya Joe memutuskan untuk mencoba langganan Gramedia Digital. Udah punya banyak buku, udah ada ipusnas, udah banyak buku di Kindle, masih nambah lagi? Tentu saja. Alasannya: tidak semua buku ada di ipusnas, dan buku berbahasa Indonesia tentunya lebih banyak di Gramedia daripada di Kindle. Selain itu, sasarannya untuk melihat-lihat majalah anak-anak juga sih, sekalian menyemangati Jonathan belajar baca bahasa Indonesia.

Karena hari ini baru hari pertama, belum bisa review banyak tentang aplikasinya. Awalnya mencoba membacanya di HP Android, tapi sepertinya, kalau mau puas bacanya, lebih baik baca di tablet. Kenapa? aplikasinya tidak ada setting memperbesar huruf. Bisa kita zoom tapi selanjutnya harus digeser-geser untuk membacanya.

Berapa sih biaya untuk langganan Gramedia Digital? Ada 3 paket yang ditawarkan:

  • Premium baca fiksi Rp. 45.000/bulan
  • Premium bacaan anak-anak Rp. 45.000/bulan
  • Premium akses penuh Rp. 89.000/bulan

Dan tentu saja, kami ambil premium penuh. Walau harganya lebih mahal, tapi membeli 1 buku bisa lebih mahal dari harga langganan premiumnya. Tentunya dengan catatan, baca bukunya jangan berbulan-bulan ya hehehe.

Antar muka aplikasinya awalnya terasa agak aneh. Karena waktu pertama kali masuk dan login, waktu pilih menu Premium, awalnya masuk ke premium Fiksi dan masih ditanya lagi apakah mau mencoba berlangganan (padahal kami sudah berlangganan yang penuh). Tampilan ini tidak terlalu mengganggu, tapi ya jadi membingungkan saja.

Tidak semua buku di Gramedia Digital ini bisa dibaca gratis walaupun kita sudah berlangganan premium. Tapi tentunya ada pilihan untuk membeli tiap buku digitalnya. Contohnya buku-buku sastra klasik dari Sutan Takdir Alisyahbana ini bisa dibeli versi digitalnya.

Selain buku, ada majalah dan tabloid juga dalam aplikasi ini. Banyak majalah yang bisa dibaca gratis, tapi ada juga majalah yang harus dibeli. Saya cukup senang karena majalah Bobo dan Intisari bisa dibaca dengan gratis hehehe.

Beberapa buku yang sudah saya antrikan untuk dibaca tentunya harganya sudah melebihi dari harga berlangganannya.

Oh ya, dengan berlangganan begini, kita bisa membuka aplikasi Gramedia Digital di beberapa device. Jadi bisa di HP, tablet Android/iPad maupun di PC menggunakan browser. Tapi saya perhatikan, kalaupun kita sudah unduh buku ataupun majalah di 1 device, buku tersebut tidak otomatis ada dalam koleksi kita. Jadi kalau kita baca buku belum selesai di PC, waktu mau melanjutkan di tablet atau HP, kita harus mengunduh bukunya dan mencari halaman terakhirnya.

Sepertinya hari ini tulisannya singkat saja, pengen baca hehehe. Katanya kita harus banyak membaca supaya bagus menulisnya. Kalau saya sih, minimal kalau setelah membaca bisa bikin bahan tulisan di blog hehehe.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.