Kdrama: Crash Landing of You (Final Episode)

Sebenarnya pengennya nulisnya besok-besok. Tapi karena hari ini belum berakhir (dan belum nulis), baiklah ditulis sekarang saja mumpung baru selesai nonton final episodenya yang hampir 2 jam (1 jam 51 menit). Untuk kali ini tulisannya mungkin akan ada sedikit spoiler.

poster Crash Landing on You (sumber : tvN)

Major spoiler: saya akan menuliskan endingnya! Tapi saya tidak akan tuliskan detailnya. Untuk yang belum nonton dan tidak mau baca spoiler dan pengen tahu tentang apa drama Crash Landing on You (CLOY) ini, bisa dilihat di tulisan sebelumnya.

Eh iya ini bukan cerita perang ya. Walaupun tokoh prianya berpakaian militer, tapi mereka bukan militer untuk perang ataupun di jaman perang. Drama ini berbeda settingnya dengan DOTS (Descendants of The Sun)

Setelah hampir 2 bulan mengikuti drama ini yang tayang setiap Sabtu dan Minggu di Netflix, akhirnya drama ini sampai ke episode 16 sebagai episode terakhir. Melihat rata-rata durasi tayangnya sekitar 90 menit sampai episode terakhir yang hampir 2 jam, mungkin kalau mengikuti durasi tayang drama lainnya, drama ini bisa diputar sebanyak 20 episode.

Udah ada yang ga sabar membaca endingnya gimana? Hahaha, tenang aja nanti akan saya beritahu. Tapi sebelumnya saya akan tuliskan hal-hal yang saya tidak suka dan suka dari drama ini. Loh kenapa yang tidak sukanya duluan? ya karena sebenarnya, hal-hal yang tidak suka itu bisa ditolerir (namanya juga drama) dan tetap membuat saya menonton sampai akhir.

Hal yang saya tidak suka dari CLOY

Hal utama yang saya tidak suka dari CLOY ini karena karakter tokoh prianya sering lain di bibir lain di hati terutama soal perasaannya ke si tokoh wanita. Sering banget bohong, apalagi setelah ketemu dengan si tokoh wanita. Dia gak jujur dengan perasaannya dan mengakibatkan penonton harus ikutan diaduk-aduk emosinya. Dia selalu bilang dia baik-baik saja, padahal dia tidak baik-baik saja. Selalu khawatir sama si cewek tapi ga ngaku kalau dia khawatir dan sok cuek.

Tokoh utama pria ini memang man of action. Dia tidak banyak bicara dan tidak suka menggombal. Dia menunjukkan cintanya dengan perbuatannya (dan tatapan matanya).

Walaupun pemirsa lain mungkin bilang, tanpa dikatakan pun pasti si wanita tau kalau si pria juga mencintainya. Tapi menurut saya, cinta itu harus dinyatakan. Kalau terburu-buru dan baru kenal langsung bilang cinta memang ga baik, tapi kalau udah antara hidup dan mati dan tetap gak dibilang juga? Haissshhhh ini sih nanti bisa dipake buat ngeles sambil bilang: aku ga pernah bilang cinta kok! Wanita butuh pernyataan bilang gak dibilang ke gr-an.

Hal yang saya suka dari CLOY

Closure! Semua permasalahan yang muncul ada closurenya. Semua dikupas tuntas. Semua diselesaikan dengan cara seksama walau kadang-kadang ada bagian yang bikin geregetan kelamaan banget sih. Tapi ya secara umum plotnya berjalan cepat dan tidak terasa ada yang dragging atau sengaja dilambat-lambatin.

Jalan ceritanya di awal cukup cepat dan lucu banget, asli beberapa episode pertama bikin saya tersenyum-senyum selesai menontonnya karena terhibur bahagia. Tapi setengah bagian terakhir, aduhai deh, kalau gak karena udah keliatan spoiler sedikit sana sini, rasanya butuh tissue deh.

Cerita drama ini membuat saya dan mungkin banyak penonton lainnya jadi mengetahui dan mencari tahu mengenai hubungan Korea Utara dan Korea Selatan. Mungkin buat kita yang bebas kemana saja di dunia ini, yang jadi masalah itu cuma dananya ada gak buat jalan-jalan. Tapi untuk warga KorUt dan KorSel, walaupun mungkin mereka punya dana dan bisa kemana saja di dunia ini, pergi ke tetangga terdekatnya itu malah tidak bisa.

Penulis cerita CLOY ini sudah punya 2 drama fantasi sukses lainnya, yang 1 kisah manusia dengan putri duyung, dan yang 1 lagi kisah manusia dengan alien. Tapi masalah putri duyung atau alien tidak ada apa-apanya dibandingkan masalah cinta antara Korea Utara dan Korea Selatan ini. Dari awal banyak pemirsa menebak-nebak gimana ya ini apakah akan happy ending seperti kisah dengan putri duyung atau open ending seperti kisah dengan alien? Bagaimana mengakhiri yang tidak terlalu mengada-ada tapi juga tidak dipermasalahkan secara politik.

Baru drama ini yang bikin saya mencari tau siapa penulisnya dan apa saja karya sebelumnya. Dan ternyata garis besar dari cerita yang dia tulis punya template yang sama. Bahkan walaupun cara mengakhirinya berbeda, ada time jump 3 tahun sebelum diberikan akhirnya. Iya, di Legend of the Blue Sea dan My Love from the Star juga ada percepatan waktu 3 tahun kemudian sebelum akhirnya pemirsa diberikan akhir yang sesungguhnya. Tapi ending CLOY ini saya lebih suka dari pada ending 2 drama sebelumnya.

Tapi memang pemeran utama, pemeran pembantu, penulis dan sutradara dari drama ini sepertinya bekerja keras untuk menampilkan drama komedi romantis dibumbui kisah melodramatis ini menjadi masuk akal. Jempol deh buat mereka semua. Bukan cuma cerita tokoh utamanya saja yang menarik untuk disimak, bahkan cerita orang-orang yang ada disekitar juga semuanya berkontribusi untuk menambah detail dari ceritanya.

Beberapa scene klise juga ada di drama ini. Tapi disajikan dengan cara yang berbeda sehingga bisa membuat penonton kdrama sekalian bernostalgia dengan drama-drama yang pernah diperankan oleh 2 tokoh utamanya. Beberapa referensi ke drama atau film sebelumnya (drama tahun 2003, Stairways to Heaven) juga sebenarnya memberi hint bagaimana penulis akan mengakhiri kisah ini.

Pemirsa udah sibuk menduga-duga, bagaimana caranya membuat akhir yang membahagiakan semua orang?

Kesimpulan…

Seperti saya bilang, drama yang bagus itu yang memberikan akhir yang membahagiakan. Bukan saja buat tokoh utama dalam ceritanya, tapi juga buat pemirsa yang sudah diaduk-aduk emosinya.

ini bukan bagian dari CLOY, tapi ini dari instagram @yejinhand

Hidup ini sudah cukup banyak drama-drama yang tidak selalu bahagia, tapi untuk drama yang ditonton dan diikuti selama 16 episode harus happy ending kalau ga mau dimusuhi sama pemirsa hahahhaaha. Terimakasih writer-nim Park Ji-Eun yang sudah kasih akhir CLOY yang membahagiakan.

Udah gitu aja. Jadi spoilernya dimana? yaaaa itu spoilernya, spoilernya di endingnya. Jadi setelah tahu akhirnya membahagiakan, kalian mau nonton gak?

scene tokoh utama main piano di tepi danau di Swiss, sumber dari youtube

Oh ya, Original Sound Tracknya juga semua enak untuk didengar, apalagi setelah episode tokoh pria main piano dengan latar belakang danau Brienz yang indah di Swiss. Kalau saya lihat di YouTube sepertinya hampir semua OST nya jadi ada tutorial main pianonya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.