Upgrade ke Mi Band 5

Mi Band 5 baru saja diluncurkan secara global tanggal 15 July 2020 yang lalu. Sebenarnya Mi Band 4 yang sebelumnya dibeli bulan September tahun lalu masih baik-baik saja dan baterainya juga masih bertahan lebih dari seminggu. Tapi karena Mi Band 3 yang dibeli Maret 2019 yang kemudian dipakai Jonathan sejak saya beli Mi Band 4 sudah semakin drop baterainya, jadi ya saya cari-cari alasan aja buat ganti ke Mi Band 5.

Mi Band 5 sudah sampai

Alasan utamanya: saya cukup puas dengan pemakaian Mi Band sebelumnya, dan saya yakin fitur dari Mi Band 5 pasti lebih oke dari yang sebelumnya. Beberapa hari lalu, Joe kasih tau kalau Mi Band 5 nya sudah ada di toko online resmi di Thailand. Dengan promosi dan voucher yang ada, harganya 931 baht (sekitar 430ribu rupiah) sudah termasuk ongkos kirim. Hari ini Mi Band 5 sudah sampai, dan langsung dicoba.

Tulisan berikut ini merupakan rangkuman kesan pertama dari Mi Band 5, karena saya sebelumnya tidak pernah membaca apa fitur-fitur baru dari Mi Band 5 dibandingkan Mi Band 4. Oh ya, ini bukan iklan ya, saya nulis tidak dibayar.

Penampilan Fisik Mi Band 5

Sekilas tidak ada bedanya, kiri Mi Band 5, kanan Mi Band 4

Secara fisik, tidak ada perbedaan antara Mi Band 4 dan Mi Band 5. Talinya juga bisa ditukar-tukar seperti halnya dengan Mi Band 3 dan Mi Band 4. Jadi tali warna-warni yang sebelumnya punya, bisa ditambah lagi koleksinya, eh. Nah kalau menurut situs ini, sebenarnya Mi Band 5 ini displaynya lebih besar sedikit (1.1 – inch) dibandingkan Mi Band 4 yang hanya 0.95 inch.

Waktu lihat chargernya, waduh mereka bikin versi berbeda lagi dengan Mi Band 3 ataupun Mi Band 4. Tumben nih Xiaomi ganti bentuk mulu, padahal tadinya berharap chargernya kayak usb gitu aja, seperti jam murahan dari Cina yang dulu dipakai sebelum Band 3.

Chargernya katanya magnetik yang ditempelkan ke jam

Fitur Baru Mi Band 5

Oke sekarang gimana dengan fiturnya, apakah sesuai dengan harapan? Lebih dari harapan sebenarnya, karena banyak fitur belum dipakai dengan baik di Mi Band 4.

Tambahan 5 jenis Olahraga baru

Ada banyak fitur tambahan buat yang hobi olahraga, misalnya saja tambahan untuk tracking kegiatan yoga, jump rope, elliptical, dan rowing machine dan sepedaan. Ya sebenarnya fitur olahraga ini belum benar-benar dipakai dari versi sebelumnya, tapi ya namanya juga niat ya, semoga saja setelah pakai Mi Band 5 fitur olahraganya lebih terpakai, hehehe.

Remote Kamera HP

Fitur untuk yang suka foto tapi ga selalu punya tongkat ataupun remote foto. Sekarang di Mi Band 5 sudah bisa dijadikan remote juga kalau kita pairing dengan kamera/hp berkamera kita. Jadi gak perlu kecarian remote lagi deh kalau mau foto, karena kan band nya selalu dipakai di tangan. Saya bukan termasuk orang yang suka foto-foto sendiri, tapi ya siapa tau jadi lebih suka foto ya setelah ada remotenya.

Tracking Kesehatan Wanita

Untuk mencatat masa subur, menstruasi dan seputar kesehatan wanita, saya sebenarnya sudah lama memakai aplikasi Period Tracker Flo. Tapi aplikasinya masih pakai yang gratisan. Nah kita lihat saja apakah aplikasi dari Mi Band 5 ini akan lebih baik prediksinya daripada aplikasi yang sudah terbukti bertahun-tahun.

Period tracking

PAI (Personal Activity Index)

Fitur ini sepertinya gabungan dari deteksi detak jantung dan jumlah langkah. Disarankan dalam 7 hari, PAI itu di atas 100 sebagai indikasi sehat. Per hari misalnya kita bisa tetapkan target 30, atau ya paling tidak dalam seminggu harus di atas 100. Hari ini, sejak siang, angkanya cepat juga naik, padahal saya termasuk tidak banyak kegiatan hari ini.

Pengukuran PAI ini juga memberi saran bagaimana kegiatan yang bisa dilakukan untuk mencapai target PAI harian. Misalnya sebelumnya disarankan lari 20 menit, lalu berikutnya setelah PAI nya naik, disarankan lari hanya 7 menit untuk mencapai target. Saya belum baca lagi tentang PAI ini, tapi ya kita lihat saja dulu.

Stress Monitoring

Fitur ini buat pengingat aja, kalau misal lagi stress tinggi, berarti kita perlu mengatur supaya lebih rileks. Ini saya pasang supaya stress monitoringnya bekerja di saat saya rileks, dan sore jam 5 tadi levelnya masih moderate tapi setelah agak malam, selesai pekerjaan makan malam dan cuci piring, stress levelnya normal.

Seberapa akurat monitoring seperti ini? saya juga belum tahu, baru juga mencoba beberapa jam, hehehe.

Sekarang ini saya set heart monitoringnya mendeteksi setiap 1 menit. Saya ingin tahu berapa lama baterainya akan bertahan kalau semua sensor diaktifkan seperti ini.

Breathing Training

Ada fungsi baru lagi tentang breathing training, ini sih miriplah dengan latihan untuk tarik napas, lalu keluarkan nafas selama 1 menit. Kita bisa melihat animasinya dan petunjuknya di Mi Band kita. Lalu setelah kita melakukan breathing training akan diberitahukan berapa perubahan detak jantung sebelum dan sesudahnya. Mungkin kalau lagi butuh menyabarkan diri, bisa berguna deh fungsi breathing training ini.

Penutup

Saya senang dengan fitur-fitur baru dari Mi Band 5 ini, Jonathan juga senang karena otomatis dia dapat Mi Band 4 yang saya pakai sebelumnya. Fungsi utama saya memakai Mi Band ini untuk notifikasi telepon masuk dan alarm bangun pagi atau alarm jemput anak, dan sleep tracking tapi tentunya bisa sekalian juga memperhatikan hal-hal terkait kesehatan.

Saya senang karena Mi Band 5 ini fungsinya sudah cukup banyak dan walaupun mungkin buat beberapa orang merasa tidak sekeren apple watch, tapi udah lebih dari cukup sih buat saya. Harganya juga ramah di kantong, jadi tidak perlu ragu-ragu untuk upgrade walaupun tiap tahun ada versi barunya, hehehe.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.